Tarunaedu: Journal of Education and Learning https://journal.staitaruna.ac.id/index.php/jel <p style="text-align: justify;"><strong>TARUNAEDU: Journal of Education and Learning</strong> is published by the Study Program of Pendidikan Agama Islam (PAI), Sekolah Tinggi Agama Islam Taruna Surabaya, Indonesia. The journal pursues the academic exploration of Indonesian Islamic education discourses such as schools, colleges, universities, and other Islamic educational institutions such as pesantrens (Islamic boarding schools) in Islamic education discourses. The journal promotes empirical research and theory relevant to Islamic-affiliated educational institutions. The topics of the journal cover the micro, meso, and macro levels of Islamic education, such as the philosophy, Islamic school leadership, learning strategy, curriculum, learning evaluation, inclusive education, education based on culture, and the politics of Islamic education. TARUNAEDU is an open-access journal, published twice a year (March and September), that always places Islamic education in the center of academic inquiry and invites any discussions on its aim and scope.</p> en-US milamahmudah@staitaruna.ac.id (Mila Mahmudah) ihyaulkholid@staitaruna.ac.id (Ihyaul Kholid) Thu, 18 Sep 2025 07:39:17 +0000 OJS 3.3.0.13 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Model Pembelajaran Deep Learning Dalam Pendidikan Agama Islam Untuk Sekolah Dasar Kelas Rendah https://journal.staitaruna.ac.id/index.php/jel/article/view/525 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mendeskripsikan model pembelajaran deep learning dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk siswa Sekolah Dasar kelas rendah (kelas I–III). Latar belakang penelitian ini adalah perlunya pendekatan pembelajaran yang tidak hanya berorientasi pada hafalan semata, tetapi juga pada pemahaman makna, penghayatan nilai, dan penerapan sikap keagamaan dalam kehidupan sehari-hari. Model deep learning difokuskan pada proses pembelajaran yang mendalam, reflektif, dan bermakna bagi siswa sesuai tahap perkembangan usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&amp;D) dengan desain model meliputi perencanaan, pengembangan perangkat, validasi ahli, uji coba terbatas, dan revisi. Model ini mengintegrasikan pendekatan kontekstual, pembelajaran aktif, serta kegiatan yang merangsang empati dan spiritualitas anak, seperti cerita Islami, permainan nilai, dan refleksi sederhana. Hasil uji coba menunjukkan bahwa model deep learning dalam PAI mampu meningkatkan pemahaman konsep keislaman secara mendalam dan mendorong tumbuhnya karakter religius pada siswa kelas rendah. Dengan menekankan pada pengolahan makna dan keterkaitan pengalaman hidup anak, model ini menjadikan pembelajaran PAI tidak hanya informatif, tetapi juga transformatif dalam membentuk fondasi akhlak sejak dini.</p> Rizqiyul Azima, Ahmad Sabri, Samsi Nelwati Copyright (c) 2025 Rizqiyul Azima, Ahmad Sabri, Samsi Nelwati https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.staitaruna.ac.id/index.php/jel/article/view/525 Thu, 11 Sep 2025 00:00:00 +0000 Dari Teks ke Teknologi: Inovasi Media Pembelajaran Al-Qur’an di Era Pendidikan Islam Digital https://journal.staitaruna.ac.id/index.php/jel/article/view/546 <p>Perkembangan teknologi digital telah mendorong transformasi dalam desain media pembelajaran, khususnya dalam konteks pendidikan Islam. Salah satu bentuk inovasi yang menonjol adalah pengembangan media pembelajaran berbasis Al-Qur'an yang mengintegrasikan elemen multimedia interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perkembangan desain media pembelajaran berbasis multimedia dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir, dengan fokus pada bagaimana konsep, pendekatan, dan implementasi media tersebut mengalami perubahan dan penyesuaian terhadap tuntutan zaman. Metode yang digunakan adalah <em>Systematic Literature Review</em> (SLR), dengan menelusuri artikel-artikel ilmiah yang relevan melalui Google Scholar pada rentang waktu 2015 hingga 2025. Dari hasil penyaringan dan analisis, diperoleh sejumlah literatur yang membahas beragam model desain, serta bentuk media yang digunakan, mulai dari video interaktif, animasi 2D/3D, hingga aplikasi mobile berbasis Al-Qur'an. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dalam kualitas visual, interaktivitas, dan integrasi nilai-nilai spiritual dalam desain media pembelajaran. Selain itu, tren terkini memperlihatkan pergeseran dari media pasif menuju media yang lebih partisipatif dan kontekstual, sejalan dengan kebutuhan generasi digital saat ini. Kajian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan kebijakan dan praktik pendidikan Islam digital, serta menjadi acuan bagi pendidik dan pengembang media dalam merancang media pembelajaran berbasis nilai-nilai Al-Qur’an yang adaptif dan relevan.</p> Irfa'i Alfian Mubaidilla, Rafika Hafiza Copyright (c) 2025 Irfa'i Alfian Mubaidilla, Rafika Hafiza https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0 https://journal.staitaruna.ac.id/index.php/jel/article/view/546 Thu, 18 Sep 2025 00:00:00 +0000