PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA

Authors

  • Ihyaul Kholid STAI Taruna Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.54298/tarunaedu.v1i1.134

Keywords:

Contextual Teaching and Learning, Keaktifan Belajar Siswa, CTL

Abstract

Dalam pelaksanaan pendidikan selain memiliki tanggung jawab dalam membangun karakter religius siswa juga bertanggungjawab dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa. Terdapat berbagai model pembelajaran yang dapat dikembangkan oleh guru dikelas untuk meningkatkan kreatifitas seperti Contextual Teaching and Learning (CTL). Contextual Teaching and Learning (CTL) menekankan pada keterkaitan antara materi pembelajaran dengan dunia kehidupan siswa secara nyata. Siswa dilatih untuk bias aktif terhadap permasalahan yang ada disekitar kehidupan mereka, khususnya yang berkaitan dengan materi pembelajaran Agama Islam.                 Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMP Bina Taruna Surabaya Tahun Pelajaran 2022-2023 dan faktor penghambat dalam penerapannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field research) yaitu penelitian yang datanya dilakukan di lapangan. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data model interaktif dari Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah 1) Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas VIII pada bidang studi Pendidikan Agama dilakukan melalui tiga tahapan. Pada tahap perencanaan, guru membuat RPP dan menyiapkan bahan materi diskusi. Pada tahap pelaksanaan, guru menyampaikan materi, membimbing siswa untuk aktif memberikan contoh terkait materi, membagi siswa menjadi beberapa kelompok diskusi untuk menganalisis peristiwa nyata dan actual terkait materi. Mengintruksikan siswa untuk mempresntasikan argumennya, dan mengevaluasi hasil diskusi siswa. Pada tahap evaluasi, guru menekankan pada penilaian proses saat kegiatan pembelajaran berlangsung (aspek afektif melalui lembar pengamatan sikap siswa, aspek kognitif melalui penugasan dan tes, aspek psikomotorik melalui observasi kecakapan siswa saat proses diskusi dan presentasi). 2) Kendala dalam penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada bidang studi Pendidikan Agama Islam meliputi dua aspek yaitu dari segi media (kurangnya kelengkapan sarana fasilitas sekolah) dan dari segi siswa (dikarenakan perbedaan karakteristik dari masing-masing siswa).

References

Arikunto Suharsimi, 1991. Prosedur penelitian; Suatu pendekatan praktik. (Jakarta: Rineka Cipta)

Bungin Burhan, 2003. Analisis & Penelitian Kualitatif. (Jakarta: PT Raya Gafindo Persada)

Fadhallah, 2021. Wawancara. (Jember: UNJ Press)

Hardani dkk, 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. (Yogyakarta: Pustaka Ilmu)

Harahap Nursapia, 2020. Penelitian Kualitatif. (Sumatera Utara: Wal Ashri Publishing)

Nasution S, 1882. Didaktik Metodik Azas-Azas Mengajar. (Bandung: Jemmaars)

Nurhadi dkk, 2003. Pendekatan Kontektual dan Penerapan Dalam KBK. (Malang: Universitas Negeri Malang)

Rahmahadi, 2011. Pengantar Metodologi Penelitian. (Banjarmasin: Antasari Press)

Ramayulis, 2008. Metode Pembelajaran Agama Islam. (Jakarta: Kalam Mulia)

Sanjaya Wina, 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standart Proses Pendidikan. (Jakarta: Kencana Prenada Media)

Sudjana Nana, 1998. CBSA Dalam Proses Belajar Mengajar. (Bandung: Sinar Baru)

Sugiyono, 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. (Bandung: Alfabeta)

______2007. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional beserta Penjelasannya. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)

Zuman, dkk, Tim Penyusun Dosen STAI Taruna, 2023. Buku Panduan Penulisan Skripsi. (Surabaya: Unita Pustaka)

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Kholid, I. (2023). PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA. Tarunaedu: Journal of Education and Learning, 1(1), 68–82. https://doi.org/10.54298/tarunaedu.v1i1.134

Issue

Section

Articles