Pengaruh Servant Leadership Terhadap Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.54298/tarunaedu.v2i2.386Keywords:
Servant Leadership, kinerja guru, motivasi kerja, kepuasan kerja, kualitas pengajaranAbstract
Pendidikan menjadi sarana mengembangkan potensi individu yang berdaya saing. Efektivitas proses pendidikan dipengaruhi oleh kualitas pengajaran yang bergantung pada kemampuan dan keterampilan guru. Kinerja guru menjadi aspek utama yang mempengaruhi kualitas pendidikan di sekolah. Kepala sekolah sebagai pemimpin di sekolah dengan peran dan fungsi yang dimilikinya harus dapat membuat guru mau meningkatkan kinerja dan prestasinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh servant leadership terhadap kinerja guru. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literatur digunakan untuk mengeksplorasi dua variabel utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa servant leadership berpengaruh terhadap kinerja guru. Servant leadership yang berfokus pada menekankan pada pemberian dukungan, perhatian, dan pemberdayaan kepada guru. Dampaknya, motivasi dan kepuasan kerja guru meningkat yang berujung pada peningkatan kinerja saat proses pengajaran. Pihak sekolah perlu mempertimbangkan penerapan gaya kepemimpinan ini untuk menunjang kinerja guru dari berbagai faktor yang telah dieksplor pada penelitian ini.
References
Almaghfiroh, Z. A., & Darmawan, D. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Terhadap Minat Belajar Siswa Tingkat Madrasah Tsanawiyah. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial, & Humaniora, 3(1), 104-119.
Anam, R. C., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru di MTS Nurul Ikhlas Sidoarjo. Sulawesi Tenggara Educational Journal, 4(3), 86-92.
Aprilliansyah, A. (2018). Analisis Kompensasi dan Servant Leadership Pengaruhnya Terhadap Motivasi Kerja dan Kinerja Karyawan (Studi pada Leader Nasional Unit Bisnis Multilevel Marketing PT Melia Sehat Sejahtera Kota Sueabaya Cabang Jawa Timur). Skripsi, Universitas Brawijaya Malang.
Aquilla, F., & Rahayu, M. (2024). Pengaruh Servant Leadership dan Instrinsic Motivation Terhadap Kinerja Guru di SDN 174 Pasir Impun Kota Bandung. PARADOKS: Jurnal Ilmu Ekonomi, 7(4), 495-505.
Arifin, S., & Mardikaningsih, R. (2021). Pengembangan Kinerja Guru Ditinjau dari Variabel Lingkungan Kerja dan Budaya Organisasi. Jurnal Simki Pedagogia, 4(1), 24–32.
Arifin, Y., Rustandi, Y., & Rahayu, K. (2024). Kinerja Guru ditinjau dari Servant Leadership Kepala Sekolah dan Kompetensi Guru di SMK Pasundan Kota Bandung dan Cimahi. Scientific Journal of Reflection, 7(4), 973-982.
Asih, E. R., & Sholeh, M. (2020). Pengaruh Servant Leadership dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru di Sekolah Dasar Yayasan Muhammadiyah Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(2), 89–99.
Azizah, C., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Budaya Literasi terhadap Prestasi Belajar Siswa Setingkat Sekolah Menengah Atas. PENSA, 6(3), 1-19.
Darmawan, D. (2020). Analisis Variabel Komitmen Organisasi, Iklim Kerja, Kepuasan Kerja dan Etos Kerja yang Memengaruhi Kinerja Pegawai. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 58–70.
Darmawan, D. (2024). Studi Kepustakaan: Indikator Budaya Organisasi dan Kinerja Organisasi serta Hubungan antar Variabel. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 14(2), 19-29.
Darmawan, D. (2024). The Contribution of Learning Concentration and Self-efficacy to Students’ Understanding of Material at MA As-Sa’adah Lampah, Kedamean Gresik. Hikamatzu| Journal of Multidisciplinary, 1(1), 184-194.
Darmawan, D., Febriyanti, Utama, A. A. G. S., Aisyah, S., Marasabessy, Larasati, D. A., Roosinda, F. W., & Aziz, I. (2021). Psychological Perspective in Society 5.0. Zahir Publishing, Purwokerto.
Darmawan, D., Mardikaningsih, R., Arifin, S., Sinambela, E. A., & Putra, A. R. (2021). Studi tentang Peranan Variabel Kompetensi, Penilaian Kinerja, dan Kondisi Kerja terhadap Perwujudan Kepuasan Kerja Guru. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 9(2), 516–530.
Djazilan, M. S., & Darmawan, D. (2022). Komunikasi Kerja dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah untuk Mengembangkan Motivasi dan Kinerja Guru. Journal on Teacher Education, 4(2), 1065–1077.
Fachruddin, A., Darmawan, D., & Eddine, B. A. S. (2023). Satisfaction of MI Darul Ulum Tambakrejo Waru Sidoarjo Teachers: The Role of Work Environment and School Compensation. Jurnal Cahaya Mandalika, 4(2), 1317–1323.
Fiqih, M., Darmawan, D., & Masnawati, E. (2025). Pengaruh Kepemimpinan Etis terhadap Kinerja Guru. Indonesian Research Journal on Education, 5(1), 862-869.
Fitriyah, E. I., Masnawati, E., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Kesehatan Mental, Kebiasaan Belajar dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prestasi Belajar Siswa MTsN 4 Kota Surabaya. Jurnal Kependidikan, 12(2), 307-320.
Greenleaf, R. K. (1977). Servant Leadership: A Journey into the Nature of Legitimate Power and Greatness. Paulist Press, New York.
Hariani, M., & Darmawan, D. (2025). Pengaruh Kepemimpinan, Modal Psikologis, dan Keadilan Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 8(1), 180-198.
Imanuddin, F., Aliyah, N. D., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Kemandirian Belajar, Fasilitas Belajar, dan Kompetensi Guru Terhadap Efektivitas Belajar Siswa-siswi SMK Teknik PAL Surabaya. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 22(2), 204-213.
Latif, A., Darmawan, D., & El-Yunusi, M. Y. M. (2024). Pengaruh Lingkungan Sekolah, Kompetensi Guru dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa MA Al Fatich Tambak Osowilangun Surabaya. Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 22(2), 290–299.
Mardikaningsih, R., & Sinambela, E. A. (2022). Lingkungan Kerja dan Komitmen Organisasi serta Pengaruhnya terhadap Kepuasan Pegawai. ARBITRASE: Journal of Economics and Accounting, 2(3), 98–101.
Mardikaningsih, R., Halizah, S. N., Darmawan, D., & Fuady, A. H. R. (2023). Studi Empiris tentang Pendidikan Kewirausahaan, Motivasi Intrinsik, dan Intensi Berwirausaha. Journal of Management and Economics Research, 1(2), 58–63.
Mardikaningsih, R., Sinambela, E. A., & Mendrika, V. (2022). The Role of Work Motivation, Competency, and Professionalism on Teacher Performance. Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS), 4(1), 250–255.
Maris, A., Wiji, U., & Prihatini, D. (2015). Pengaruh Servant Leadership dan Kepribadian Terhadap Organizational Citizenship Behavior dalam Meningkatkan Kinerja Guru di Sekolah Dasar Al-Baitul Amien (Full Day School) Jember. Artikel Ilmiah Mahasiswa Universitas Brawijaya, 1(1), 1-7.
Masfufah, M., Darmawan, D., & Masnawati, E. (2022). Strategi Manajemen Kelas untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Manivest: Jurnal Manajemen, Ekonomi, Kewirausahaan, dan Investasi, 1(2), 214–228.
Masnawati, E., Kurniawan, Y., Djazilan, M. S., Hariani, M., & Darmawan, D. (2023). Optimalisasi Kinerja Akademik Melalui Efikasi Diri, Motivasi Akademik, dan Sumber Daya Teknologi Informasi dan Komunikasi. TIN: Terapan Informatika Nusantara, 3(11), 463–471.
Munir, M., & Putra, A. R. (2021). The Role of The Teacher Determines the Quality of Education in Indonesia. JESS, 1(2), 1–8.
Mushtofa, Z. et al., 2021. Analisis Perilaku Kecurangan Akademik Siswa dalam Pelaksanaan Ujian di Sekolah. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(2), pp. 446-452.
Nada, I. Q., El-Yunusi, M. Y. M., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Kemandirian Belajar, Gaya Mengajar, dan Interaksi Sosial Terhadap Keaktifan Belajar Siswa SMP Islam Plus Al-Azhar Kota Mojokerto. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam dan Humaniora, 5(1), 201–208.
Nafisa, N. N. I., & Darmawan, D. (2025). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Pembentukan Karakter Setingkat Sekolah Menengah Atas. Karakter: Jurnal Riset Ilmu Pendidikan Islam, 2(2), 307-321.
Nuriyah, F., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Karakter Siswa Setingkat Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(12), 1-25.
Pramudya, G., & Mardikaningsih, R. (2021). Peningkatan Kinerja Guru melalui Motivasi Diri, Konsep Diri dan Efikasi Diri (Studi Pada SMAN 1 Gondang Kabupaten Mojokerto. Jurnal Ilmu Pendidikan, Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat (NALA), 1(1), 9–22.
Prasetyono H., & Ramdayana I. P. (2020). Pengaruh Servant Leadership, Komitmen Organisasi dan Lingkungan Fisik terhadap Kinerja Guru. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, 8(2), 108-123.
Putra, A. R., & Darmawan, D. (2025). Integrasi Total Quality Management and Performance Management System untuk Meningkatkan Kinerja Karyawan di Perusahaan Manufaktur. Jurnal Ilmiah Satyagraha, 8(1), 199-213.
Ram, S. H., Daud, M., & Anwar, H. (2024). The Effect of Servant Leadership on Teacher Performance and Organizational Citizenship Behavior as Mediation Variables. ITM Web of Conference, 58, 1-6.
Ramadhan, A. M., Nuriyah, F., Surahmah, Darmawan, D., & Mardikaningsih, R. (2024). Renovasi dan Penambahan Fasilitas Pendukung sebagai Daya Tarik Mahasiswa untuk Belajar di Gazebo Universitas Sunan Giri Surabaya. Paramacitra: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 49-54.
Rambe, D., Hasibuan, A. N., & Chaerunnisa. (2020). Analisis Kinerja Guru Dipengaruhi Servant Leadership dan Komitmen Organisasi (Survei pada Guru SMPN 124 Jakarta). Mediastima, 26(2), 203-222.
Risqi, A. S., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Perhatian Orang Tua dan Budaya Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Santri di Pondok Pesantren Nurul Ikhlas Sidoarjo. Ambarsa: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 151-161.
Rohana, R., Lubna, L., & Afifurrahman, A. (2024). Pengaruh Servant Leadership, Motivasi Spiritual, dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Guru di MAN 1 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(3), 1689-1698.
Romli, A. B. S., & Darmawan, D. (2025). Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar Siswa Setingkat Menengah Kejuruan. Jurnal Manajemen dan Pendidikan Agama Islam, 3(2), 130-146.
Santosa, F., Andrianto, Syamsir, & Khaidir, A. (2019). Pengaruh Servant Leadership dan Budaya Organisasi Sekolah Terhadap Kinerja Guru pada Sekolah Menengah Atas Negeri di Kota Padang. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 4(2), 101-108.
Senjaya, S., & Pekerti, A. (2010). Servant leadership as antecedent of trust in organizations. Leadership & Organization Development Journal, 31(7), 643–663. https://doi.org/10.1108/01437731011079673.
Srimulyani, V. A. (2013). Dampak Servant Leadership Terhadap Pembelajaran Organisasi dan Kinerja Guru: Studi Pada Guru-Guru SMA dan SMK Se-Kota Madiun. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 1(1), 42-53.
Stone, G. A., Russel, R. F., & Patterson, K. (2004). Transformational Versus Servant Leadership: A Difference in Leader Focus. Leadership & Organization Development Journal, 25(4), 349-361.
Sukmadewi, R. (2022). Kontribusi Iklim Sekolah dan Kepemimpinan yang Melayani (Servant Leadership) Terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Luhak Nan Duo Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Pendidikan Nasional, 2(1), 65-83.
Supriyanto. (2016). Pengaruh Kepemimpinan Pelayan, Komitment Afektif, dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Dosen serta Kualitas Pelayanan di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Disertasi, Universitas Airlangga.
Wahyudi, I. D., Darmawan, D., & Mardikaningsih, R. (2018). Model Pembelajaran di Sekolah. IntiPresindo Pustaka, Bandung.
Widodo, A., H., R. F. A. N., & Darmawan, D. (2025). Pengaruh Bimbingan Orang Tua dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Karakter Peserta Didik di SD. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Terpadu, 9(1), 287-297.
Ya’lu., M., Masnawati, E., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Konsep Diri, Dukungan Sosial, dan Kompetensi Guru Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa Madrasah Diniyah Hikmatun Najiyah Sidosermo Surabaya. Teaching and Learning Journal of Mandalika, 5(1), 258-270.
Yulianti, M. E., Hariyadi, A., & Utaminingsih, S. (2024). Pengaruh Kepemimpinan yang Melayani (Servant Leadership) Terhadap Kinerja Guru dengan Moderasi Budaya Organisasi. Scientia: Social Sciences & Humanities, 3(2), 169-174.
Yusuf, M., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Efikasi Diri dan Organization Citizenship Behavior (OCB) Terhadap Kinerja Karyawan. Jurilma: Jurnal Ilmu Manajemen Indonesia, 1(2), 79-84.
Zalillah, N. F., & Darmawan, D. (2025). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru PAI Terhadap Akhlak Siswa Setingkat Sekolah Menengah Atas. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Sosial, Bahasa, dan Pendidikan, 5(1), 240-258.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 zulfa agustian, Didit Darmawan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.