Implementasi Metode Penelitian Mini untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Tsanawiyyah

Authors

  • Siti Munzafiah MIS Islamiyah Sumur
  • Siti Nurul Ma'rifah MAN 5 Jombang
  • Siti Shofiyah MIS Miftahul Huda

DOI:

https://doi.org/10.54298/tarunaedu.v3i1.407

Keywords:

penelitian mini, siswa madrasah, PTK, berpikir kritis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas metode penelitian mini dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa madrasah. Penelitian dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Al Inayah dengan subjek 32 siswa kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa setelah diimplementasikan metode penelitian mini. Peningkatan terlihat dalam aspek kemampuan analisis, interpretasi data, dan evaluasi argumen.

References

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.

Ennis, Robert H. “Critical Thinking Assessment.” Theory into Practice 32, no. 3 (1993): 179–186. https://doi.org/10.1080/00405849309543594.

Kemmis, Stephen, and Robin McTaggart. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press, 1988.

Nurhadi. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang, 2004.

Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2006.

Sari, Nurul. “Penerapan Penelitian Mini untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP di Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 24, no. 2 (2017): 145–157.

Slavin, Robert E. Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Boston: Allyn & Bacon, 2006.

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.

Suwandi, Sugeng. “Developing Critical Thinking Skills through School-Based Research in Indonesian Secondary Schools.” Journal of Education and Practice 8, no. 20 (2017): 55–61.

Thomas, John W. A Review of Research on Project-Based Learning. San Rafael, CA: Autodesk Foundation, 2000.

Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.

Additional Files

Published

2025-03-01

How to Cite

Munzafiah, S., Ma’rifah, S. N., & Shofiyah, S. (2025). Implementasi Metode Penelitian Mini untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Tsanawiyyah. Tarunaedu: Journal of Education and Learning, 3(1), 1–7. https://doi.org/10.54298/tarunaedu.v3i1.407

Issue

Section

Articles