Implementasi Metode Penelitian Mini untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Madrasah Tsanawiyyah
DOI:
https://doi.org/10.54298/tarunaedu.v3i1.407Keywords:
penelitian mini, siswa madrasah, PTK, berpikir kritisAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas metode penelitian mini dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa madrasah. Penelitian dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Al Inayah dengan subjek 32 siswa kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan tes keterampilan berpikir kritis. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa setelah diimplementasikan metode penelitian mini. Peningkatan terlihat dalam aspek kemampuan analisis, interpretasi data, dan evaluasi argumen.
References
Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta, 2010.
Ennis, Robert H. “Critical Thinking Assessment.” Theory into Practice 32, no. 3 (1993): 179–186. https://doi.org/10.1080/00405849309543594.
Kemmis, Stephen, and Robin McTaggart. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press, 1988.
Nurhadi. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang, 2004.
Sanjaya, Wina. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2006.
Sari, Nurul. “Penerapan Penelitian Mini untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP di Yogyakarta.” Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 24, no. 2 (2017): 145–157.
Slavin, Robert E. Cooperative Learning: Theory, Research, and Practice. Boston: Allyn & Bacon, 2006.
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2017.
Suwandi, Sugeng. “Developing Critical Thinking Skills through School-Based Research in Indonesian Secondary Schools.” Journal of Education and Practice 8, no. 20 (2017): 55–61.
Thomas, John W. A Review of Research on Project-Based Learning. San Rafael, CA: Autodesk Foundation, 2000.
Trianto. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2010.
Additional Files
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Siti Munzafiah, Siti Nurul Ma'rifah, Siti Shofiyah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.