Model Pembelajaran Deep Learning Dalam Pendidikan Agama Islam Untuk Sekolah Dasar Kelas Rendah

Authors

  • Rizqiyul Azima Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Ahmad Sabri Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang
  • Samsi Nelwati Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang

DOI:

https://doi.org/10.54298/tarunaedu.v3i2.525

Keywords:

Deep Learning, Islamic Religious Education, Elementary School, Meaningful Learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mendeskripsikan model pembelajaran deep learning dalam Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk siswa Sekolah Dasar kelas rendah (kelas I–III). Latar belakang penelitian ini adalah perlunya pendekatan pembelajaran yang tidak hanya berorientasi pada hafalan semata, tetapi juga pada pemahaman makna, penghayatan nilai, dan penerapan sikap keagamaan dalam kehidupan sehari-hari. Model deep learning difokuskan pada proses pembelajaran yang mendalam, reflektif, dan bermakna bagi siswa sesuai tahap perkembangan usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan desain model meliputi perencanaan, pengembangan perangkat, validasi ahli, uji coba terbatas, dan revisi. Model ini mengintegrasikan pendekatan kontekstual, pembelajaran aktif, serta kegiatan yang merangsang empati dan spiritualitas anak, seperti cerita Islami, permainan nilai, dan refleksi sederhana. Hasil uji coba menunjukkan bahwa model deep learning dalam PAI mampu meningkatkan pemahaman konsep keislaman secara mendalam dan mendorong tumbuhnya karakter religius pada siswa kelas rendah. Dengan menekankan pada pengolahan makna dan keterkaitan pengalaman hidup anak, model ini menjadikan pembelajaran PAI tidak hanya informatif, tetapi juga transformatif dalam membentuk fondasi akhlak sejak dini.

References

Fatmawati, Ira. “Transformasi Pembelajaran Sejarah Dengan Deep Learning Berbasis Digital Untuk Gen Z.” Revorma: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran 5, no. 1 (2025)

Maelasari, Nur, and Lusiana Lusiana. “Efektivitas Deep Learning Dalam Pembelajaran: Sebuah Kajian Systematic Literature Review (Slr).” Jurnal Education And Development13, no. 1 (2025): 298–305.

Mulyanto, Agus, Nana Supriatna, Erna Rostika Erawati, Tuti Heryati, and Uyun Mulyanah. “Peningkatan Kualitas Belajar Melalui Kepemimpinan Pembelajaran Berbasis Deep Learning Di SMPN 3 Margahayu.” Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi Dan Perubahan 5, no. 3 (2025). https://jurnal.penerbitwidina.com/index.php/JPMWidina/article/view/1653.

Raup, Abdul, Wawan Ridwan, Yayah Khoeriyah, Supiana Supiana, and Qiqi Yuliati Zaqiah. “Deep Learning Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran.” JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 5, no. 9 (2022): 3258–67.

Santiani, Santiani. “Analisis Literatur: Pendekatan Pembelajaran Deep Learning Dalam Pendidikan.” Jurnal Ilmiah Nusantara 2, no. 3 (2025)

Sari, Kharisma Puspita. “Konsep Deep Learning Sebagai Pilar Dalam Strategi Pendidikan Berkualitas.” Jurnal Keguruan Dan Pendidikan 1, no. 02 (2025)

Turmuzi, Ahmad. “Pendekatan Deep Learning Untuk Menciptakan Pengalaman Belajar Yang Bermakna.” Journal Scientific of Mandalika (JSM) e-ISSN 2745-5955| p-ISSN 2809-0543 6, no. 7 (2025): 1711–19.

Yahya, Sudirman. “Kajian Pemanfaatan Deep Learning dalam Pembelajaran.” Transformasi 7, no. 1 (2025): 25–41.

Downloads

Published

2025-09-11

How to Cite

Azima, R., Sabri, A., & Nelwati, S. (2025). Model Pembelajaran Deep Learning Dalam Pendidikan Agama Islam Untuk Sekolah Dasar Kelas Rendah. Tarunaedu: Journal of Education and Learning, 3(2), 42–62. https://doi.org/10.54298/tarunaedu.v3i2.525

Issue

Section

Articles