Perilaku Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Peningkatkan Partisipasi Kerja Guru (Study Kasus Di MTs As’adiyah Kraton Pasuruan)
DOI:
https://doi.org/10.54298/tarunaedu.v3i2.631Keywords:
Keywords: Madrasah Head Leadership, Teacher Work Participation., Madrasah Head LeadershipAbstract
Abstract
To foster a sense of concern in increasing the participation level of teachers in various aspects of madrasah life, good and professional performance is required from teachers. The main problem in this study is teacher performance in madrasah institutions, viewed from their participation in all aspects, especially in sustaining madrasah activities as a whole. The research questions were: (1) How is the leadership of the madrasah head in improving teachers’ work participation? (2) What strategies are used by the madrasah head to increase teachers’ work participation? (3) How do teachers respond to the leadership of the madrasah head in improving work participation? (4) What model of madrasah head is needed to enhance teachers’ work participation?.
Abstrak
Untuk menumbuhkan rasa kepedulian dalam meningkatkan peran serta atau tingkat partisipasi seorang guru dalam berbagai aspek kehidupan madrasah, maka diperlukan kinerja yang baik dan professional pada diri seorang guru. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah kinerja guru pada lembaga madrasah ditinjau dari pransertanya dalam segala aspek, khususnya pada tingkat partisipasi guru dalam keberlangsungan kegiatan madrasah secara menyeluruh.Rumusan masalah dalam penelitian ini: (1) Bagaimanakah kepemimpinan kepala Madrasah dalam peningkatan partisipasi kerja guru? (2) Bagaimanakah strategi kepala Madrasah dalam meningkatkan partisipasi kerja guru? (3) Bagaimanakah tanggapan guru-guru tentang kepemimpinan kepala Madrasah dalam meningkatkan partisipasi kerja? (4) Bagaimanakah model kepala Madrasah yang dibutuhkan dalam meningkatkan partisipasi kerja guru. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui teknik pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan, Kepemimpinan kepala madrasah MTs As’adiyah Kramat Kraton Pasuruan menggunakan lima gaya kepemimpinan, dalam mempengaruhi bawahan menggunakan gaya kepemimpinan partisipatif dan demokratis, dalam menggerakkan atau mengarahkan bawahan menggunakan gaya kepemimpinan militeristik, kharismatik dan demokratis dan dalam mendorong (memotivasi) bawahan menggunakan gaya kepemimpinan delegatif dan partisipatif.
References
Balyer, A. 2012. “Transformational leadership behaviors of school principals: A qualitative research based on teachers’ perceptions”. International Online Journal of Educational Sciences, Vol 4(3), 581–591. https://iojes.net/?mod=makale_tr_ozet&makale_id=54671
Bogler, R., & Somech, A. 2004. “Influence of teacher empowerment on teachers’ organizational commitment, professional commitment and organizational citizenship behavior in schools”. Teaching and Teacher Education, Volume 20(3), 277–289. https://doi.org/10.1016/j.tate.2004.02.003
Daryanto, M. 2011. Administrasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Harris, A. (2003). “Teacher leadership as distributed leadership: Heresy, fantasy or possibility?” School Leadership & Management, Volume 23(3), 313–324. https://doi.org/10.1080/1363243032000112815
Louis, K. S., Dretzke, B., & Wahlstrom, K. (2010). “How does leadership affect student achievement? Results from a national US survey”. School Effectiveness and School Improvement, Volume 21(3), 315–336. https://doi.org/10.1080/09243453.2010.486586
Ihyaul kholid, Ihya. “Implementasi Pendidikan Karakter Islami Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Labschool UNESA 2 Ketintang Surabaya.” Tarunaedu: Journal of Education and Learning 2, no. 2 (2024): 122–31. https://doi.org/10.54298/tarunaedu.v2i2.434.
Maxfield, C. R., & Flumerfelt, S. (2009). “The empowering principal: Leadership behaviors needed by effective principals as identified by emerging leaders and principals”. International Journal of Teacher Leadership, Volume 2(2), 39–48. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1069131.pdf
Mulyasa, Enco. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah (Konsep, Strategi dan Implementasi) Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Munir, Abdullah. 2010. Menjadi Kepala Sekolah Efektif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Robbins, Stephen P. 2002. Essential of Organizational Behavior, 5th ed. Diterjemahkan oleh Halida Dewi Sartika. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sugeng P. 2005, Prilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan SDM. Tesis tidak dipublikasikan. PPS UIN Malang.
Sutarsih, Wiji et al. 2024. “PERAN DIGITALISASI SEKOLAH TERHADAP MUTU PENDIDIKAN,” LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran4, no. 1 (2024): 136–43.
Wahjosumidjo. 2013. Kepemimpinan Kepala Madrasah: Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Qomariah Nur Qomariah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.