Interelasi Dimensi Bathiniyyah Manusia Dalam Tasawuf
(Kajian Mengenai Keterkaitan Jasmani, Ruh, Qalbu, Nafsu, Akaldalam Praktik Tasawuf)
DOI:
https://doi.org/10.54298/jk.v8i2.446Keywords:
Tasawuf, dimensi batiniah, penyucian nafs (tazkiyatun nafs), dzikir.Abstract
Dalam dunia modern yang ditandai oleh tekanan materialistik dan krisis spiritual, tasawuf menawarkan jalan untuk menyelaraskan lima dimensi batiniah manusia: jasmani, ruh, qalbu, nafs, dan akal. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi keterkaitan fungsional antar dimensi tersebut dalam kerangka tasawuf sebagai upaya memulihkan keseimbangan batin dan menumbuhkan kesadaran Ilahiah. Dengan menggunakan metode kualitatif-deskriptif melalui studi pustaka, penelitian ini mengacu pada sumber-sumber klasik maupun kontemporer untuk membangun pemahaman yang holistik mengenai struktur batiniah manusia. Temuan penelitian menunjukkan bahwa keharmonisan spiritual dapat dicapai melalui praktik-praktik sufi seperti dzikir, tafakkur, tazkiyatun nafs, dan bimbingan spiritual dari seorang mursyid. Tasawuf menekankan bahwa kelima dimensi ini harus dirawat secara integral agar manusia dapat menapaki jalan menuju kesempurnaan spiritual (insān kāmil) sekaligus merespons tantangan psikososial era kontemporer.
Downloads
References
Akbar, Muhammad Ali, ‘Konsep Insan Kamil (Studi Komparatif Pemikiran Abdul Karim Al-Jilli Dan Muhammad Iqbal)’, JOUSIP Journal Of Sufism and Psychotherapy, 3.1 (2023), hal. 98
Aldila Winda Pramitaa, Uli Ramadhanib, Sulaiman Horta Siregarc, Yuda Wirad Candra Nugraha Lubise, Ramadan Lubis, ‘Konsep Al-Qalb Dan Al-Aql’, Jurnal Kajian Islam Dan Sosial Keagamaan, 2.3 (2025), 508
Asti Amelia, and Achmad Khudori Soleh Rika Dwi Indrawayanti, ‘Perbandingan Akal, Nafsu, Dan Qalbu Dalam Tasawuf’, Raudhah Proud To Be Professionals : Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 8.1 (2023), hal. 233
Daulay, Haidar Putra, Zaini Dahlan, and Chairul Azmi Lubis, ‘Takhalli, Tahalli Dan Tajalli’, Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3.3 (2021), hal. 350-359
Fadillah, Muti’ah, ‘Sumber Daya Manusia (Fitrah, Akal, Qalb, Dan Nafs) Dalam Filsafat Pendidikan Islam’, MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 5.1 (2024), 160–74 <https://doi.org/10.21154/maalim.v5i1.8425>
Fathurahman, Syekh M., ‘5 Unsur Manusia Menurut Agama’, YouTube, 2022 <https://youtu.be/QOFzU5dK11Y>
Fauzi, Rizal, ‘Al-Amrādh Al-Qalbiyyah Dan Terapinya Dalam Ilmu Tasawuf’, Hikamia: Jurnal Pemikiran Tasawuf Dan Peradaban Islam, 2.2 (2022), hal. 108 <https://doi.org/https://doi.org/10.58572/hkm.v2i2.21>
Firdaus, Muhammad Lukman, ‘Insan Kamil Dalam Keteladanan Rasulullah Saw.: Sebuah Kajian Hadis Tematik’, Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 2.2 (2022), hal. 214 <https://doi.org/10.15575/jpiu.v2i2.13525>
Hakim, Luqman Al, ‘Dimensi Tarbiyyah Rūhiyyah Dalam Ilmu Tasawuf’, Hikamia, 1.2 (2021), hal 63 <https://doi.org/https://doi.org/10.58572/hkm.v1i2.5>
Hendri, Irawan, ‘Hakikat Sumber Daya (Fitrah, Akal, Qalb, Dan Nafs) Manusia Dalam Pendidikan Islam Dan Pengembangannya Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam Kontemporer’, Turast: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian, 3.1 (2022), hal. 19
Maulana, Dwi Putra Purnama, ‘Pendekatan Tasawuf Dalam Pendidikan Agama Islam’, IHSANIKA : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1.4 (2023), hal. 2 <https://doi.org/https://doi.org/10.59841/ihsanika.v1i4.619>
Muthoifin, Putri Dwi Lestari, ‘The Concept of the Soul ( Tazkiyatun Nafs ) and Its Influence in the View of the Qur ’ an Surah Al-Shams Konsep Jiwa ( Tazkiyatun Nafs ) Dan Pengaruhnya Dalam Pandangan Al- Qur ’ an Surat Al-Syams’, Prosiding 15th Urecol: Seri Pendidikan, Humaniora Dan Agama, 2022, hal. 145-147
Raihansyah Athallah, Muhammad Auliaurrasyidin, Afriza Medica Syahputra, M. Sukma Darmawan, ‘Hawa Nafsu Manusia Dalam Perspektif Islam : Pengaruh Terhadap Perilaku’, Reflection: Islamic Education Journal, 2 (2025), hal. 64 <https://doi.org/https://doi.org/10.61132/reflection.v2i2.647>
Rica Khairunisa, M.Rizki Mayollie, Carenina Br.Siagian, Dzaky Fadhlu Rahman, Fitria Mayasari, Wismanto Wismanto, ‘Manusia Dalam Islam : Antara Akal , Ruh Dan Nafsu’, 2 (2025), 41–52 <https://doi.org/https://doi.org/10.61132/karakter.v2i1.363>
Salman AlFarizi, Yasser Muda Lubis, ‘Reforming the Interpretation of Ruh According to Zezen Zainal Abidin Bazul Asyhab.’, Al- Burhan, 2022, hal. 199-201 <https://doi.org/https://journal.ptiq.ac.id/index.php/alburhan>
Suswanto dan Firmansyah, ‘Potensi Akal Manusia Dalam Al-Qur’an Dan Relevansinya Dengan Pendidikan Islam’, Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 17.2 (2021), 124–25
Utomo, Budi, Nurochman Assayyidi, and Ahmad Kamalul Fikri, ‘Pendidikan Inklusi Perspektif Pendidikan Islam’, Mamba’ul ’Ulum, 20.1 (2024), hal. 9
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 winda kurnia, Rizal Fauzi, Salim Bella Pili

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).