Profesionalisme Guru PAI dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Ibtidaiyah

Authors

  • Munawir Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Rizky Lailatul Ramadhanis Sholikhah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Mega Adhelia Hapsariwa Unversitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54298/jk.v8i2.489

Keywords:

mata pelajaran ski, pembelajaran berdiferensiasi, profesionalisme guru

Abstract

This study aims to identify strategies, challenges, and solutions carried out by Islamic Religious Education
teachers in implementing dif erentiated learning in Islamic Religious Education subjects, as well as to
analyze the role of teacher professionalism in aspects of pedagogical, social, personality, and professional
competence, playing a role in supporting the successful implementation of dif erentiated learning in Islamic
Religious Education subjects. This study uses a qualitative approach with a library research method. Data
collection techniques in this study were obtained from various sources which were categorized into primary
sources (data obtained directly from original references) and secondary (data obtained from indirect
sources) and using descriptive qualitative methods in analyzing the data. Based on the results and
discussions that have been described, the professionalism of Islamic Religious Education teachers greatly
influences the successful implementation of dif erentiated learning in Islamic Religious Education subjects in
Madrasah Ibtidaiyah. Teachers who have high pedagogical, personality, social, and professional competence
are able to understand the characteristics and learning needs of students individually, and are able to design
appropriate learning strategies through dif erentiation of content, process, and product. Dif erentiated
learning in Islamic Religious Education is important because its value and historical content demands a
flexible, contextual, and enjoyable approach. Professional Islamic Religious Education teachers are not only
able to manage heterogeneous classes ef ectively, but are also able to instill Islamic values with a humanistic
and adaptive approach, so that Islamic Religious Education learning can achieve its goals optimally.
Keywords: SKI subjects, Dif erentiated learning, Teacher professionalism

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi, tantangan, dan solusi yang dilakukan oleh guru
PAI dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran SKI, serta menganalisis peran
profesionalisme guru dalam aspek kompetensi pedagogik, sosial, kepribadian, dan profesional, berperan
dalam mendukung keberhasilan implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran SKI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan (library research).
Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dari berbagai sumber yang dikategorikan
menjadi sumber primer (data yang diperoleh langsung dari referensi asli) dan sekunder (data yang
diperoleh dari sumber tidak langsung) serta menggunakan metode kualitatif deskriptif dalam
menganalisis data. Berdasarkan hasil dan pembahasan yang telah diuraikan, bahwa profesionalisme guru
PAI sangat berpengaruh terhadap keberhasilan implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam mata
pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah. Guru yang memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional yang tinggi mampu memahami karakteristik dan kebutuhan belajar siswa secara individu,
serta mampu merancang strategi pembelajaran yang sesuai melalui diferensiasi konten, proses, dan
produk. Pembelajaran berdiferensiasi dalam SKI menjadi penting karena muatan nilai dan sejarahnya
menuntut pendekatan yang fleksibel, kontekstual, dan menyenangkan. Guru PAI yang profesional tidak
hanya mampu mengelola kelas yang heterogen secara efektif, tetapi juga mampu menanamkan nilai-nilai
keislaman dengan pendekatan yang humanis dan adaptif, sehingga pembelajaran SKI dapat mencapai
tujuan secara optimal.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afni, Siti Rosidatul Nur. “Peran Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas XII Di MAN 2 Magetan,” 2023.

Aisah, Anita, and Dwi Santosa. “Peningkatan Kapasitas Guru PAI Melalui Pelatihan Modifikasi Kurikulum Menggunakan Differentiated Instruction Untuk Siswa Disabilitas Intelektual.” Islamadina: Jurnal Pemikiran Islam, 2019, 19–35.

Amin, Husnul. “PROFESIONALISME GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH” 4 (2019).

Anggraini, Lisa. “KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA ISLAM AL-FALAH KOTA JAMBI.” Istoria: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sejarah Universitas Batanghari 4, no. 1 (April 30, 2020): 18–25. https://doi.org/10.33087/istoria.v4i1.73.

Atika, Sofiana. “IMPLEMENTASI ASESMEN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN PAI BP DI SMP NEGERI 3 PUNGGELAN.” Skripsi, UIN Prof. K. H. Saifuddin Zuhri, 2024. https://repository.uinsaizu.ac.id/25327/.

Azis, Abd. “Pembelajaran Berdiferensiasi pada PembelajaranPAI di Kurikulum Merdeka,” n.d.

Dirjo, Dirjo, Ilzamudin Ilzamudin, Wahyu Hidayat, Rifyal Ahmad Lugowi, and Wasehudin Wasehudin. “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DALAM KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMAS BINA PUTERA-KOPO.” Fikrah : Journal of Islamic Education 7, no. 1 (May 18, 2023): 21. https://doi.org/10.32507/fikrah.v7i1.1924.

Djegho, Edith S B, Gnadia R N Jaki, Anastasia N E Minggu, Irna K S Blegur, and Damianus D Samo. “Asesmen Formatif dalam Pembelajaran Berdiferensiasi,” n.d.

Fahri, Muhammad Raja Iqbal, Mochammad Naufal Fauzan, Muhammad Irfan Arifudin, Jujun Gunawan, and Bambang Samsul Arifin. “Pengaruh Apresiasi Guru Kepada Murid Berdasarkan Teori Motivasi Al-Ghazali dan Abraham Maslow.” JAMPARING: Jurnal Akuntansi Manajemen Pariwisata dan Pembelajaran Konseling 2, no. 1 (February 1, 2024): 251–60. https://doi.org/10.57235/jamparing.v2i1.2030.

Fitriyah, Fitriyah, and Moh Bisri. “PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI BERDASARKAN KERAGAMAN DAN KEUNIKAN SISWA SEKOLAH DASAR.” Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian 9, no. 2 (July 11, 2023): 67–73. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p67-73.

Gunawan, Anggun, and Irsyad Khoerul Imam. “Guru Profesional: Makna dan Karakteristik.” Cendekia Inovatif Dan Berbudaya 1, no. 2 (October 18, 2023): 181–85. https://doi.org/10.59996/cendib.v1i2.256.

Hatam, Muh Rizkiansah. “Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Meraih Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI),” n.d.

Ibrahim, Mariani Haji. “Strategi Guru PAI Untuk Memotivasi Siswa Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Dalam Kurikulum Merdeka Di SD Kota Sabang,” 2025.

Iis Suryatini, Rohman Heryana, Mochammad Ramdan Samadi, and Saepudin. “Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran PAI Berdasarkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS).” TA’DIB: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 2 (August 31, 2024): 211–21. https://doi.org/10.69768/jt.v2i2.55.

Indana, Nurul, and Rani Roifah. “KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM PEMBINAAN AKHLAK SISWA: (Studi Kasus di MTs Al-Ma’arif Brudu Sumobito Jombang).” Ilmuna: Jurnal Studi Pendidikan Agama Islam 3, no. 1 (March 31, 2021): 46–65. https://doi.org/10.54437/ilmuna.v3i1.250.

Khalib Gadafi, Andika Saputra, and Gusmaneli Gusmaneli. “Peran Strategi Pembelajaran Diferensiasi dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam.” Jurnal Budi Pekerti Agama Islam 3, no. 2 (March 10, 2025): 297–308. https://doi.org/10.61132/jbpai.v3i2.1081.

Lailiyah, Nishfatul, and Sulthon Mas’ud. “Analisis Tantangan Guru Dalam Menerapkan Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar.” Journal on Teacher Education 6, no. 2 (December 3, 2024): 1–12. https://doi.org/10.31004/jote.v6i2.38501.

Lestari, Umi Fitri, Maini Wati, Muslim Afandi, Mhd Subhan, and M. Dwi Rahman Sahbana. “Strategi Pembelajaran Diferensiasi dalam Pendidikan Agama Islam: Perspektif Psikologis.” Journal of Education Research 5, no. 4 (November 6, 2024): 5272–80. https://doi.org/10.37985/jer.v5i4.1806.

M, Zaharuddin, and Minnah Elwiddah. “Kompetensi Profesional Guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam Pengembangan Kreativitas Belajar Siswa MTsN Tebo Ilir.” INNOVATIO: Journal for Religious Innovation Studies 17, no. 2 (December 31, 2017): 75–108. https://doi.org/10.30631/innovatio.v17i2.59.

Maharani, Marsanda Shinta. “IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI AKTIF PESERTA DIDIK MATA PELAJARAN PAI DI SMA NEGERI 3 SIDOARJO,” n.d.

Maulana, Muhammad, Murdiansyah Heman, and Laila Qadariah. “KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PROSES PEMBELAJARAN SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH ASSALAM MARTAPURA,” n.d.

Miles, Matthew B., A. Michael Huberman, and Johnny Saldaña. Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Edition 3. Los Angeles London New Delhi Singapore Washington DC: Sage, 2014.

Mu’minin, Nur Amirul, Azizil Muchtar, and Lailah Zakiyaturrobi’ah. “KOMPETENSI PENDIDIK DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLSAM,” n.d.

Murtosiah, Siti, and Lesti Edilia. “Upaya Guru SKI Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Islam.” TAUJIH: Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 2 (2021): 31–52.

Nasution, Abdul Gani Jamora, Fadiah Adlina, Adelina Br Sembiring, and Dinda Patliana Sukma. “KOMPETENSI GURU SKI DI SD IT HIDAYATUL JANNAH KABUPATEN DELI SERDANG.” Inspirasi Dunia: Jurnal Riset Pendidikan Dan Bahasa 1, no. 4 (December 30, 2022): 193–205. https://doi.org/10.58192/insdun.v1i4.483.

“Permendikbud No. 35 Tahun 2010.” Accessed May 1, 2025. https://peraturan.bpk.go.id/Details/163916/permendikbud-no-35-tahun-2010.

Pernantah, Piki Setri. “MEMBANGUN WAWASAN SEJARAH LOKAL SISWA DENGAN PENGUATAN SCAFFOLDING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH.” Diakronika 17, no. 1 (July 31, 2017): 45. https://doi.org/10.24036/diakronika/vol17-iss1/15.

Restalia, Winda. “PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEGURUAN UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KH. ABDURRAHMAN WAHID PEKALONGAN 2024,” 2024.

Rozaqiy, Rohmat Robi’. “PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI ( IAIN ) KEDIRI 2024,” 2024.

Sari, Milya, and Asmendri Asmendri. “Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA.” Natural Science 6, no. 1 (June 10, 2020): 41–53. https://doi.org/10.15548/nsc.v6i1.1555.

Siska, Yulia. “Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Materi Sejarah Kelas IV SD di Kota Bandar Lampung” 6, no. 2 (2024).

Solong, Najamuddin Petta, and Luki Husin. “PENERAPAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI.” TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3, no. 2 (December 6, 2020): 57. https://doi.org/10.30659/jpai.3.2.57-74.

Sulistiani, Irma and Nursiwi Nugraheni. “MAKNA GURU SEBAGAI PERANAN PENTING DALAM DUNIA PENDIDIKAN.” Jurnal Citra Pendidikan 3, no. 4 (October 26, 2023): 1261–68. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i4.2222.

Suparjo, Suparjo. “Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Scaffolding Dan Kerja Kelompok Di Kelas X TP 2 SMK N 1 Bangkinang Tahun Pelajaran 2021/2022.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 5, no. 1 (2023): 1681–92.

Syawalina, Shafa, Agus Rustamana, and Yuni Maryuni. “Pengaruh Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial Dan Kinestetik) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 7 Kota Serang.” J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah 4, no. 1 (November 22, 2024): 342–52. https://doi.org/10.56799/jceki.v4i1.6252.

Tomlinson, Carol Ann. The Differentiated Classroom: Responding to the Needs of All Learners, 2nd Edition. ASCD, 2014.

Tyas, Yunika Ciptaning, Henry Januar Saputra, and Ranto Nety Sofiati. “Analisis Gaya Belajar Terhadap Pembelajaran Berdiferensiasi pada Siswa Kelas IV SD Supriyadi 02.” ALACRITY : Journal of Education, January 5, 2025, 158–69. https://doi.org/10.52121/alacrity.v5i1.566.

Umayrah, Anggi, and Dinn Wahyudin. “Analisis Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Kurikulum Merdeka.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 6, no. 3 (May 22, 2024): 1956–67. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6599.

———. “Analisis Kesulitan Guru Sekolah Dasar dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Gaya Belajar Siswa pada Kurikulum Merdeka.” EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN 6, no. 3 (May 22, 2024): 1956–67. https://doi.org/10.31004/edukatif.v6i3.6599.

Utami, Indah Hari, and Aswatun Hasanah. “KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI SD NEGERI MAGUWOHARJO 1 YOGYAKARTA,” n.d.

Widyaningsih, Rita. “FAKULTAS TARBIYAH JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PONOROGO 2016,” n.d.

Zed, Mestika. Metode Penelitian Kepustakaan. Yayasan Pustaka Obor Indonesia, 2008.

Downloads

Published

2025-09-01

How to Cite

Munawir, Rizky Lailatul Ramadhanis Sholikhah, & Hapsariwa, M. A. (2025). Profesionalisme Guru PAI dalam Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Keislaman, 8(2), 256–281. https://doi.org/10.54298/jk.v8i2.489