Implementasi Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim dalam Membentuk Adab Santri di Pondok Pesantren Al-Khoiriyah Desa Meluwur Glagah Lamongan

Authors

  • Rokim Universitas Islam Lamongan Indonesia
  • Abdul Manan Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Indonesia
  • Muhammad Saifudin Universitas Islam Lamongan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54298/jk.v8i2.576

Keywords:

Implementasi, kitab ta’lim muta’allim, adab

Abstract

Abstract

This research is entitled the implementation of learning the book of ta'lim muta'allim in shaping the adab of students at the Al-Khoiriyah Islamic Boarding School in Meluwur Village, Glagah Lamongan. This research is motivated by the fact that what is happening in education today is the decline in the adab and ethics of students. The existence of learning the Ta'lim Muta'allim book is a solution so that the adab of students can increase. This research aims to find out the learning of the Ta'lim Muta'allim book, to find out the supporting factors and inhibiting factors for the implementation of learning the Ta'lim Muta'allim book, and to find out the implementation of learning the Ta'lim Muta'allim book in shaping the students' manners at the Al-Khoiriyah Islamic Boarding School in Meluwur Village, Glagah Lamongan. This research uses qualitative research and a qualitative descriptive approach with data collection using observation, interview, and documentation techniques. The results of this study are in the learning of the ta'lim muta'allim book to carry out three steps, namely planning, implementation, and evaluation. Planning and implementation went well but there were shortcomings in the evaluation. The implication of learning the book of ta'lim muta'allim in shaping santri adab is the increase in santri adab and can position themselves as knowledge seekers. However, in its implementation there are also several factors, both supporting factors and inhibiting factors. The supporting factors are educators who are experts in their fields, adequate facilities, and the number of students who can read the book because most of the students come from boarding schools. While the inhibiting factor is that there are some students who are late in learning due to several factors.

Keywords: Implementation, ta'lim muta'allim book, forming.

 

Abstrak

Penelitian ini berjudul implementasi pembelajaran kitab ta’lim muta’allim dalam membentuk adab santri di Pondok Pesantren Al-Khoiriyah Desa Meluwur Glagah Lamongan. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa fakta yang terjadi di pendidikan saat ini yakni turunnya adab dan etika santri. Adanya pembelajaran kitab Ta’lim Muta’allim ini menjadi solusi agar adab santri bisa meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran kitab ta’lim muta’allim, untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi pembelajaran kitab ta’lim muta’allim, serta untuk mengetahui implementasi pembelajaran kitab ta’lim muta’allim dalam membentuk adab santri di Pondok Pesantren Al-Khoiriyah Desa Meluwur Glagah Lamongan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif serta pendekatan deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah pada pembelajaran kitab ta’lim muta’allim melakukan tiga langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan dan pelaksanaan berjalan dengan baik akan tetapi terdapat kekurangan dalam evaluasinya. Implikasi dari pembelajaran kitab ta’lim muta’allim dalam membentuk adab santri yakni meningkatnya adab santri serta bisa memposisikan dirinya sebagai pencari ilmu. Meskipun demikian, dalam pelaksanaannya juga terdapat beberapa faktor, baik faktor pendukung maupun faktor penghambat. Faktor pendukungnya yakni pendidik yang sudah ahli di bidangnya, fasilitas yang memadai, serta banyaknya santri yang sudah bisa membaca kitab karena sebagian besar santri berasal dari pondok pesantren. Sedangkan faktor penghambatnya yakni ada beberapa siswa yang telat dalam pembelajaran karena ada beberapa faktor.

Kata Kunci: Implementasi, kitab ta’lim muta’allim, adab

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abukhudairi, Arif Karkhi. “Manhaj Tadris Al-Adab Al-’Arabi Li Ghair Al-’Arab.” Arabiyat :

Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban 2, no. 2 (2015): 216–29.

https://doi.org/10.15408/a.v2i2.2225.

ADIB ABDUL. “Metode Pembelajaran Kitab Kuning Di Pondok Pesantren.” Jurnal Mubtadiin

, no. 01 (2021): 2021.

Afifah, Anisa Nur. “Konsep Adap Menuntun Ilmu Perpektif Syaikh Muhammad Syakir

Dalam Kitab Washoya Dan Relevensinya Dengan Tujuan Pendidikan Islam.” Institut

Agama Islam Negeri Ponorogo, 2021.

Asyrofiyah, Islachiyatul, Rustam Ibrahim, and Siti Choiriyah. “Efektivitas Penerapan Metode

Sorogan Dan Bandongan Pembelajaran Kitab Kuning Di PP. Darul Qur’anKota

Mojokerto.” Al-Afkar: Journal for Islamic Studies 7, no. 3 (2024): 30.

https://doi.org/10.31943/afkarjournal.v7i3.1296.Effectiveness.

Az-Zarnuji, Syekh. Terjemah Ta’lim Muta’allim. Surabaya: Mutiara Ilmu, 2009.

Creswell, W. John. Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approaches.

Third Edit. Los Angeles, London, New Delhi, Singapore, dan Washington DC: SAGE

Publications, Inc., 2013.

Dalimunthe, Irwan Saleh, and Musdalipah Siregar. “Rekontekstualisasi Isi Kandungan Kitab

Ta’lim Muta’allim Dalam Membentuk Akhlak Belajar Santri Di Masa Kini.” JKIP : Jurnal

Kajian Ilmu Pendidikan 4, no. 1 (2023): 208–19. http://journal.almatani.com/index.php/jkip/index.

Fitriana, Septi, Andhita Diva Maulieftha, Rina Puspita Dewi, and Cinta Nurul Fadillah.

“Implementasi Model Pembelajaran Klasikal Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Di TK

PERTIWI 1 Kota Bengkulu Tahun 2022.” Seulanga : Jurnal Pendidikan Anak 4, no. 1 (2023):

–8. https://doi.org/10.47766/seulanga.v4i1.1056.

Gani, Abdul. “Penerapan Metode Tanya Jawab Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa

Terhadap Pembelajaran Ski Siswa Kelas Vi Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Pendidikan Guru

, no. 1 (2021): 1–14. https://doi.org/10.47783/jurpendigu.v3i1.285.

Hasbullah. “Pemikiran Kritis John Dewey Tentang Pendidikan (Dalam Perspektif Kajian

Filosofis).” Tarbiyah Islamiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Agama Islam 10, no. 1 (2020): 1–21.

Izzan, Ahmad, and Sofa Oktaviani. “Pengaruh Penerapan Metode Sorogan Dan Wetonan

Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Santri Di Pondok Pesantren Darul Ulum

Karangpawitan.” Masagi 1, no. 1 (2022): 27–36. https://doi.org/10.37968/masagi.v1i1.118.

JP, Erikson, Hutabarat, Lamhot Naibaho, and Djoys Annkene Rantung. “Memahami Peran

Pendidikan Di Era Post Modern Melalui Pandangan John Dewey Jurnal Kolaboratif Sains

( JKS ) Pages : 1572-1578.” Kolaboratif Sains 6, no. 11 (2023): 1572–78.

https://doi.org/10.56338/jks.v6i11.4403.

Khoiriyah, Latifatul. “Implementasi Pembelajaran Kitab Ta’limul Muta’allim Dalam

Pembentukan Akhlak Santri Kelas III A Di Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin Desa

Sidoharjo Kecamatan Jati Agung Kabupaten Lampung Selatan.” Jurnal An-Nur: Kajian

Pendidikan Dan Ilmu Keislaman 8 (2022): 249–66.

Merriam, Sharan B., and Tisdell, Elizabeth J. Qualitative Research: A Guide to Design and

Implementation. Britania Raya: Wiley, 2016.

Misbachudin, Ariful. “Implementasi Isi Kandungan Kitab Ta’lim Al-Muta’alim Dalam

Pembentukan Etika Belajar Santri Pondok Pesantren Al-As’ariyyah Kalibeber

Wonosobo.” Universitas Islam Indonesia, 2020.

Noer, Muhammad Ali, and Azin Sarumpaet. “Konsep Adab Peserta Didik Dalam

Pembelajaran Menurut Az-Zarnuji Dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Karakter Di

Indonesia.” Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 14, no. 2 (2017): 181–208.

https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2017.vol14(2).1028.

Samdani, Samdani, and Isny Lellya. “Konsep Ta’Līm Al-Muta’Allim Dalam Kultur Adab

Perguruan Tinggi Islam Di Kalimantan Selatan.” Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan

Humaniora 19, no. 1 (2021): 127. https://doi.org/10.18592/khazanah.v19i1.4559.

Setiawan, Andi. Belajar Dan Pembelajaran. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia, 2017.

Sodiman, Sodiman. “Etos Belajar Dalam Kitab Ta’Liim Al-Muta’Allim Thaariq Al-Ta’Allum

Karya Imam Al-Zarnuji.” Al-TA’DIB 6, no. 2 (2013): 56–72.

http://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/305%0Ahttp://files/428/305.html.

Suryadinata, Fatma, Nindiawati, A. Moh. Ickhamal. “Metode Ceramah Dalam Pendidikan

Islam (Keuntungan Dan Keterbatasannya).” Jurnal Kolaboratif Sains 8, no. 6 (2025): 3458–67. https://doi.org/10.56338/jks.v8i6.7674.

Tahir, Gustia. “Sinergitas Ilmu Dan Adab Dalam Perspektif Islam.” Jurnal Adabiyah 15, no.

Ilmu dan adab adalah dua kata yang saling berkaitan (2015): 18–29.

Tambak, Sahraini. “Metode Diskusi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” AlHikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 12, no. 1 (2015): 1–20.

https://doi.org/10.25299/jaip.2015.vol12(1).1444.

Ujang Ruslandi, Siti Qomariyah, and Mimit Sumitra. “Peran Metode Pembelajaran Diskusi

Dalam Menciptakan Keaktifan Belajar Siswa Di MAS Tarbiyatul Islamiyah.” Katalis

Pendidikan : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Matematika 2, no. 1 (2025): 79–90.

https://doi.org/10.62383/katalis.v2i1.1203.

Yin, Robert K. Case Study Research and Applications: Design and Methods. Amerika Serikat: SAGE

Publications, 2017.

Zaedi, Muhamad. “Metode Pembelajaran Hafalan Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam.”

Jurnal Pendidikan Dan Studi ISlam 9, no. 1 (2023): 232–44.

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.380.

Downloads

Published

2025-09-14 — Updated on 2025-09-14

Versions

How to Cite

Rokim, Manan, A., & Muhammad Saifudin. (2025). Implementasi Pembelajaran Kitab Ta’lim Muta’allim dalam Membentuk Adab Santri di Pondok Pesantren Al-Khoiriyah Desa Meluwur Glagah Lamongan. Jurnal Keislaman, 8(2), 353–372. https://doi.org/10.54298/jk.v8i2.576