Komparasi Hasil Belajar Materi Al-Kulliyatu Al-Khamsah : Quasi-Eksperimen Penerapan Model Jigsaw Dengan Point Counter Point di Kelas X SMAN 3 Sidoarjo
DOI:
https://doi.org/10.54298/jk.v8i2.601Keywords:
Model, Jigsaw, PointAbstract
Penelitian ini merupakan jenis field reseach untuk membandingkan hasil belajar peserta didik pada materi Al-Kulliyatu Al-Khamsah menggunakan dua metode yang mengutamakan unsur active-learning, Jigsaw dan Point Counter Point pada kelas X SMAN 3 Sidoarjo. Penelitian ini menganalisis perbedaan signifikansi antara kedua model dalam meningkatkan pemahaman peserta didik melalui pedekatan kuantitatif komparatif dengan metode eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya kedua model merupakan model pembelajaran yang efektif, sehingga peserta didik terpacu untuk aktif di dalam kelas. Akan tetapi, model pembelajaran Point Counter Point lebih unggul dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Sehingga terbentuk suasana belajar yang interaktif dan berdampak pada peningkatan hasil belajar.
Downloads
References
Aqodiah and Baiq Ida Astini, “MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI AN-NAJAH SESELA” 5, no. 1 (April 2020), https://doi.org/10.31764.
Efendi, D. R., & Wardani, K. W. (2021). Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Learning Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1277–1285. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.914
Hayu Almar’atus Sholihah, Nurul Fiadhia Koeswardani, and Visca Kenia Fitriana, “METODE PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK SMP,” Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional “Penguatan Karakter Bangsa Melalui Inovasi Pendidikan Di Era Digital” 1, no. 1 (2019).
Kahar, M. S., Anwar, Z., & Murpri, D. K. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2). https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2704
Karimuddin Abdullah, Metodologi Penelitian Kuantitatif (Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2022), 20.
Maria Magdalena Duha, “PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POINT-COUNTERPOINT MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN,” Urnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan 9, no. 2 (2021).
Moh Anang Abidin and Muhimmatul Ulya, “Efektifitas Metode Point Counterpoint Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta didik Kelas VI Pada Mata Pelajaran Fikih Di Madrasah Ibtidaiyah Riyadlul Ulum Sidoarjo,” Jurnal Madrasah Ibtidaiyah (JMI) 1, no. 2 (2023).
Nur Ainun Lubis and Hasrul Harahap, “Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw,” Jurnal As Salam 11 (2016).
Sulaiman Saat, Sitti Mania, Pengantar Metodologi Penelitian (Gowa: Pusaka Almaida, 2020), 124.
Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7, 50–62.
Yanti, N. L., Suardana, N., & Selamet, K. (n.d.). KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DAN FREE DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA.
Yulia Rusyida, W., Asikin, M., & Soedjoko, E. (2013). KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN CTL DANMEA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHANMASALAHMATERI LINGKARAN. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme
Zaenal, F., Darsan, D., & Intyas, E. (2023). THE EFFECT OF THE IMPLEMENTATION OF THE JIGSAW MODEL ON STUDENTS’ MOTIVATION AND LEARNING OUTCOMES IN THE SUBJECT OF ENTREPRENEURSHIP AT HIDAYATUL MUBTADIIN VOCATIONAL SCHOOL. Journal of Education Technology and Inovation, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.31537/jeti.v6i1.1009
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Fathur Rahman, Retno Aqimnad Dinana, Bayu Wira Pratama, Iis Rodiyah Agustiningsih, Muhammad Aziz, Amrullah, Mila Mahmudah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).