Komparasi Hasil Belajar Materi Al-Kulliyatu Al-Khamsah : Quasi-Eksperimen Penerapan Model Jigsaw Dengan Point Counter Point di Kelas X SMAN 3 Sidoarjo

Authors

  • Fathur Rahman Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Indonesia
  • Retno Aqimnad Dinana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Indonesia
  • Bayu Wira Pratama Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Indonesia
  • Iis Rodiyah Agustiningsih Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Indonesia
  • Muhammad Aziz Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Indonesia
  • Amrullah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya Indonesia
  • Mila Mahmudah Sekolah Tinggi agama Islam Taruna Surabaya Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54298/jk.v8i2.601

Keywords:

Model, Jigsaw, Point

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis field reseach untuk membandingkan hasil belajar peserta didik pada materi Al-Kulliyatu Al-Khamsah menggunakan dua metode yang mengutamakan unsur active-learning, Jigsaw dan Point Counter Point pada kelas X SMAN 3 Sidoarjo. Penelitian ini menganalisis perbedaan signifikansi antara kedua model dalam meningkatkan pemahaman peserta didik melalui pedekatan kuantitatif komparatif dengan metode eksperimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya kedua model merupakan model pembelajaran yang efektif, sehingga peserta didik terpacu untuk aktif di dalam kelas. Akan tetapi, model pembelajaran Point Counter Point lebih unggul dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Sehingga terbentuk suasana belajar yang interaktif dan berdampak pada peningkatan hasil belajar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aqodiah and Baiq Ida Astini, “MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR PESERTA DIDIK DI MI AN-NAJAH SESELA” 5, no. 1 (April 2020), https://doi.org/10.31764.

Efendi, D. R., & Wardani, K. W. (2021). Komparasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry Learning Ditinjau dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1277–1285. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.914

Hayu Almar’atus Sholihah, Nurul Fiadhia Koeswardani, and Visca Kenia Fitriana, “METODE PEMBELAJARAN JIGSAW DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK SMP,” Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional “Penguatan Karakter Bangsa Melalui Inovasi Pendidikan Di Era Digital” 1, no. 1 (2019).

Kahar, M. S., Anwar, Z., & Murpri, D. K. (2020). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2). https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2704

Karimuddin Abdullah, Metodologi Penelitian Kuantitatif (Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini, 2022), 20.

Maria Magdalena Duha, “PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN POINT-COUNTERPOINT MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN,” Urnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan 9, no. 2 (2021).

Moh Anang Abidin and Muhimmatul Ulya, “Efektifitas Metode Point Counterpoint Untuk Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta didik Kelas VI Pada Mata Pelajaran Fikih Di Madrasah Ibtidaiyah Riyadlul Ulum Sidoarjo,” Jurnal Madrasah Ibtidaiyah (JMI) 1, no. 2 (2023).

Nur Ainun Lubis and Hasrul Harahap, “Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw,” Jurnal As Salam 11 (2016).

Sulaiman Saat, Sitti Mania, Pengantar Metodologi Penelitian (Gowa: Pusaka Almaida, 2020), 124.

Usmadi. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7, 50–62.

Yanti, N. L., Suardana, N., & Selamet, K. (n.d.). KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DAN FREE DISCOVERY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA.

Yulia Rusyida, W., Asikin, M., & Soedjoko, E. (2013). KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN CTL DANMEA TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHANMASALAHMATERI LINGKARAN. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujme

Zaenal, F., Darsan, D., & Intyas, E. (2023). THE EFFECT OF THE IMPLEMENTATION OF THE JIGSAW MODEL ON STUDENTS’ MOTIVATION AND LEARNING OUTCOMES IN THE SUBJECT OF ENTREPRENEURSHIP AT HIDAYATUL MUBTADIIN VOCATIONAL SCHOOL. Journal of Education Technology and Inovation, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.31537/jeti.v6i1.1009

Downloads

Published

2025-09-14

How to Cite

Rahman, F., Retno Aqimnad Dinana, Bayu Wira Pratama, Iis Rodiyah Agustiningsih, Muhammad Aziz, Amrullah, & Mila Mahmudah. (2025). Komparasi Hasil Belajar Materi Al-Kulliyatu Al-Khamsah : Quasi-Eksperimen Penerapan Model Jigsaw Dengan Point Counter Point di Kelas X SMAN 3 Sidoarjo. Jurnal Keislaman, 8(2), 387–397. https://doi.org/10.54298/jk.v8i2.601