Peran Tabungan Kelas terhadap Sikap Ekonomis Santri Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil Perspektif Literasi Finansial Syariah
DOI:
https://doi.org/10.54298/jk.v8i2.606Keywords:
Kata Kunci: Tabungan Kelas, Sikap Ekonomis, Ekonomi SyariahAbstract
Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil berupaya menanamkan hidup sederhana kepada para santri. Namun, seiring perkembangan zaman, gaya hidup sederhana mulai tergeser, khususnya di kalangan santri putri. Mereka mulai terpengaruh oleh tren fashion dan gaya hidup konsumtif yang menyebabkan pergeseran nilai-nilai kesederhanaan yang diajarkan para ulama terdahulu. Salah satu keluhan datang dari wali santri yang merasa terbebani oleh sikap boros anaknya di pondok. Hal inilah yang mendorong penulis untuk meneliti peran tabungan kelas dalam membentuk sikap ekonomis santri putri Pondok Pesantren Syaichona Moh. Cholil dalam perspektif ekonomi syariah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Subjek penelitian adalah enam santriwati kelas III Tsanawiyah. Data dianalisis secara menyeluruh dengan teknik editing dan organizing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tabungan kelas memberikan dampak signifikan terhadap pembentukan kemandirian ekonomi santri. Program ini bersifat edukatif karena menanamkan nilai tanggung jawab, kedisiplinan, dan kemampuan mengelola keuangan. Selain itu, tabungan kelas juga mendukung pendidikan ekonomi praktis, meningkatkan keterampilan manajemen, memperkuat kebersamaan, menjadi sumber dana kegiatan besar, serta menjaga stabilitas ekonomi pesantren.
Kata Kunci: Tabungan Kelas, Sikap Ekonomis, Ekonomi Syariah
Downloads
References
Creswell, J. W., & Poth, C. N. (2018). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (4th ed.). SAGE Publications.
Departemen, R. I. (2009). Al-Qur’an dan Terjemahannya (1 ed.). PT Sygma Examedia.
Dewan Nasional Keuangan Inklusif. (2022). Satu Rekening Satu Pelajar (KEJAR). https://snki.go.id/satu-rekening-satu-pelajar-kejar/
Hasan, B. (2013). Landasan Pendidikan. Cv Pustaka Setia.
Ibrahim, A. K., Pambuko, N., & Arief, H. (2025). Analisis perilaku keuangan santri di Pondok Pesantren Darunnajah 9. Jurnal Akuntansi, Finance, dan Manajemen, 6(1), 361–372.
Indonesia, K. K. B. P. R. (2021). Edukasi dan literasi keuangan syariah bagi pondok pesantren dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat. https://ekon.go.id/publikasi/detail/3524/edukasi-dan-literasi-keuangan-syariah-bagi-pondok-pesantren-dalam-pemberdayaan-ekonomi-masyarakat
Karim, Muslih Abdul. (2008). Panduan Pintar Shalat. Qultum Media.
Kompas. (2023). 5 Manfaat Program Satu Rekening Satu Pelajar bagi Siswa. https://katanetizen.kompas.com/read/2023/12/20/123113585/5-manfaat-program-satu-rekening-satu-pelajar-bagi-siswa
Lincoln, Y. S., & Guba, E. G. (1985). Naturalistic Inquiry. SAGE Publications.
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd ed.). SAGE Publications.
Neliti. (2019). Model literasi keuangan pondok pesantren melalui nilai kesederhanaan dan saling berbagi antar sesama. https://media.neliti.com/media/publications/173229-ID-model-literasi-keuangan-pondok-pesantren.pdf
Palinkas, L. A., Horwitz, S. M., Green, C. A., Wisdom, J. P., Duan, N., & Hoagwood, K. (2015). Purposeful Sampling for Qualitative Data Collection and Analysis in Mixed Method Implementation Research. Administration and Policy in Mental Health and Mental Health Services Research, 42(5), 533–544.
Patton, M. Q. (2015). Qualitative Research & Evaluation Methods (4th ed.). SAGE Publications.
Pekalongan, P. K. (2022). Inklusi keuangan di pondok pesantren berperan strategis tingkatkan kesejahteraan masyarakat. https://prokompim.setda.pekalongankab.go.id/inklusi-keuangan-di-pondok-pesantren-berperan-strategis-tingkatkan-kesejahteraan-masyarakat
Smith, J. A., Flowers, P., & Larkin, M. (2009). Interpretative Phenomenological Analysis: Theory, Method and Research. SAGE Publications.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Ummi, L. S. (2025). Pengaruh literasi keuangan syariah terhadap pengelolaan keuangan santri Pesantren Nurul Furqon Malang [Undergraduate thesis, UIN Maulana Malik Ibrahim]. https://etheses.uin-malang.ac.id/79380/
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Ihsan, Nasiri, Afifah, Nuurun 'Alaa Nuurin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).