PERSEPSI SISWA TERHADAP PUBLIC SPEAKING MAHASISWA PPL IAINU TUBAN DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDI DARUT TAUHID TAMBAKBOYO

Authors

  • Irfa'i Alfian Mubaidilla Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Alfinatul Hidayah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Muthmainnah Muthmainnah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban

DOI:

https://doi.org/10.54298/tarunaedu.v2i1.165

Keywords:

persepsi, public speaking, motivasi, hasil belajar

Abstract

Anak usia dasar adalah dimana anak memiliki sebuah masalah yang klasik yang sering kita temui seperti merasa bosan dalam mendengarkan sebuah penjelasan pembelajaran. Persepsi anak usia dasar dalam menilai public speaking seseorang dalam hal ini sangat penting untuk menunjang sebuah keberhasilan penelitian. Mahasiswa PPL sangat dituntut untuk bisa berbicara didepan semua orang dalam hal apapun seperti memotivasi belajar anak, tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui persepsi siswa terhadap public speaking mahasiswa untuk memotivasi belajar siswa. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Metode kualitatif ini, siswa yang menjadi instrumen dalam penelitian dan analisis dilakukan secara terus menerus dari awal penelitian hingga analisis data. Hasil yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu bahwasanya public speaking mahasiswa PPL dalam memotivasi belajar siswa berpengaruh dalam keberhasilan pembelajaran.persepsi siswa terhadap public speaking mahasiswa ppl iainu tuban dalam memotivasi belajar siswa adalah positif dengan rentang kategori baik. Persepsi siswa terhadap komunikasi mahasiswa juga dalam rentang baik dan positif dalam peningkatkan motivasi belajar.

References

Alviya, Devi; Cahyani, Putri Ika; Agustin, Nurhaningtyas; Mubaidilla, Irfa’i Alfian. “THE ROLE OF ETNOSCENCE-BASED LEARNING IN IMPROVING LOCAL KNOWLEDGE OF ELEMENTARY CHILDREN.” Jurnal Tinta 5, no. 2 (2023): 127–35.

Daryanto. Belajar Dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya, 2010.

Maidar G dan Mukti US, Arjasad. PEMBINAAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA. Jakarta: Erlangga, 1988.

Mansur, Nurdin. “Penerapan Keterampilan Mengajar Dalam Upaya Pencapaian Hasil Belajar Mahasiswa.” Lantanida Journal 4, no. 2 (2017): 118. https://doi.org/10.22373/lj.v4i2.1884.

Mubaidilla, Irfa’i Alfian, and Ziana Dhurrotul Ainiyah. “The Development of Learning Media Based on Islamic Comics in Natural Sciences Force and Motion Material.” Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School 6, no. 2 (2022): 83–88. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v6i2.1574.

Muhammad Nur, Cut Zahri Harun, Sakdiah Ibrahim. “Manajemen Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pada Tingkat Sd.” Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 8 Nomor 1, no. 1 (2022): 8.

Mutia. “CHARACTERISTICS OF CHILDREN AGE OF BASIC EDUCATION” 2, no. 5 (2021): 255.

Nilamsari, Natalina. “Memahami Studi Dokumen Dalam Penelitian Kualitatif.” Wacana 13, no. 2 (2014): 177–81.

Nugraheni, Puput. “PERSEPSI SISWA TENTANG KEMAMPUAN MENGAJAR MAHASISWA PPL UNNES PROGRAM STUDI PENDIDIKAN SOSIOLOGI DAN ANTROPOLOGI DI SMA N 11 SEMARANG TAHUN 2010/2011,” 2011.

Shabrina, Nina, Darmadi Darmadi, and Ratna Sari. “Pengaruh Motivasi Dan Stres Kerja Terhadap Kinerja Karyawan CV. Muslim Galeri Indonesia.” Jurnal Madani: Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Humaniora 3, no. 2 (2020): 164–73. https://doi.org/10.33753/madani.v3i2.108.

Tarmiji, Muhammad Nasir Basyah, and Muhammad Yunus. “Persepsi Siswa Terhadap Kesiapan Guru Dalam Proses Pembelajaran.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kewarganegaraan Unsyiah 1, no. 1 (2016): 182–84.

Viveria C, Etty. “Inkoptum Menguatkan Kemampuan Siswa Menulis Karya Ilmiah.” Yayasan Lembaga Gumun Indonesia (YLGI), 2021, 0–8.

Downloads

Published

2024-05-18

How to Cite

Mubaidilla, I. A., Hidayah, A., & Muthmainnah, M. (2024). PERSEPSI SISWA TERHADAP PUBLIC SPEAKING MAHASISWA PPL IAINU TUBAN DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SDI DARUT TAUHID TAMBAKBOYO. Tarunaedu: Journal of Education and Learning, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.54298/tarunaedu.v2i1.165

Issue

Section

Articles