Dari Teks ke Teknologi: Inovasi Media Pembelajaran Al-Qur’an di Era Pendidikan Islam Digital
DOI:
https://doi.org/10.54298/tarunaedu.v3i2.546Keywords:
Inovasi, Media Pembelajaran, Pendidikan Islam, media al QuranAbstract
Perkembangan teknologi digital telah mendorong transformasi dalam desain media pembelajaran, khususnya dalam konteks pendidikan Islam. Salah satu bentuk inovasi yang menonjol adalah pengembangan media pembelajaran berbasis Al-Qur'an yang mengintegrasikan elemen multimedia interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perkembangan desain media pembelajaran berbasis multimedia dalam kurun waktu sepuluh tahun terakhir, dengan fokus pada bagaimana konsep, pendekatan, dan implementasi media tersebut mengalami perubahan dan penyesuaian terhadap tuntutan zaman. Metode yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR), dengan menelusuri artikel-artikel ilmiah yang relevan melalui Google Scholar pada rentang waktu 2015 hingga 2025. Dari hasil penyaringan dan analisis, diperoleh sejumlah literatur yang membahas beragam model desain, serta bentuk media yang digunakan, mulai dari video interaktif, animasi 2D/3D, hingga aplikasi mobile berbasis Al-Qur'an. Temuan penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan dalam kualitas visual, interaktivitas, dan integrasi nilai-nilai spiritual dalam desain media pembelajaran. Selain itu, tren terkini memperlihatkan pergeseran dari media pasif menuju media yang lebih partisipatif dan kontekstual, sejalan dengan kebutuhan generasi digital saat ini. Kajian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap pengembangan kebijakan dan praktik pendidikan Islam digital, serta menjadi acuan bagi pendidik dan pengembang media dalam merancang media pembelajaran berbasis nilai-nilai Al-Qur’an yang adaptif dan relevan.
References
Abdul Hakim. “Integrasi Media Digital Interaktif Dalam Pengajaran Materi Qur’an dan Hadist.” Jurnal Ihsan : Jurnal Pendidikan Islam 3, no. 3 (2025): 497–504. https://doi.org/10.61104/ihsan.v3i3.1122.
Alamin, Zumhur, Randitha Missouri, and Lukman Lukman. “Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam: Tinjauan Aplikasi Interaktif Al-Qur’an Digital.” TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Kemanusiaan 6, no. 2 (2022): 296–306. https://doi.org/10.52266/tadjid.v6i2.1202.
Basri, Basri, Wahidah Wahidah, and Mahyiddin Mahyiddin. “Inovasi Lembaga Pendidikan Islam Aceh Dalam Mempersiapkan Generasi Qur’ani Di Era Digital.” At-Ta’dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, June 14, 2024, 32–50. https://doi.org/10.47498/tadib.v16i1.3055.
Cholik, Cecep Abdul. “Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi / Ict Dalam Berbagai Bidang.” Jurnal Fakultas Teknik 2, no. 2 (2021).
Febriani, A’isy Alya, Deri Wanhar Sarputra, Yesha Arista Sulistiawati, and Herlini Puspika Sari. “Inovasi Pembelajaran PAI Di Era Teknologi: Meningkatkan Kualitas Pendidikan Agama Islam Melalui Media Digital.” Al-Ikhtiar: Jurnal Studi Islam 2, no. 2 (2025). https://doi.org/10.71242/0yqjn912.
Ghufron, David Maulana, Mahreshaibati Bilqis Ikramina, and Bakti Fatwa Anbiya. “Transformasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Era Digital: Modalitas Belajar Dan Tantangan Pendidikan.” Jurnal Al Burhan 3, no. 2 (2023): 40–50. https://doi.org/10.58988/jab.v3i2.224.
Hadi, Sholichul. “Pemanfaatan Media Sosial Untuk Meningkatkan Pembelajaran Al-Qur’an Dan Hadits Di Era Digital.” Jiic: Jurnal Intelek Insan Cendikia 2, no. 2 (2025).
Hariyati, Jamiah. “Media Sosial Sebagai Media Dakwah: Penyebaran Konten Kajian Al-Qur’an di Media Sosial dalam Perspektif Al-Qur’an.” Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial, dan Pengabdian Kepada Masyarakat 5, no. 1 (2025).
Hastani, Hawalia. “Metode Pembelajaran Al-Qur’an Berbasis Digital Learning.” Al Ghazali 6, no. 1 (2023): 115–31. https://doi.org/10.52484/al_ghazali.v6i1.403.
Hidayaturrahman, Muhammad. “Inovasi Terhadap Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural Dalam Al Qur’an Dan Hadist.” Islamic Communication Journal 3, no. 1 (2022).
Ismi Rohimatun Ni’mah and Bashori. “Relevansi Literasi Digital dalam Metode Pembelajaran Al-Qur’an: Studi pada Pendidikan Islam Kontemporer.” Jejak digital: Jurnal Ilmiah Multidisiplin 1, no. 4 (2025): 922–29. https://doi.org/10.63822/fw4vvp46.
Iwani, Fatimah Nurlala, Achmad Abubakar, and Hamka Ilyas. “Moralitas Digital dalam Pendidikan: Mengintegrasikan Nilai-Nilai Al-Qur’an di Era Teknologi.” Journal of Instructional and Development Researches 4, no. 6 (2024): 551–65. https://doi.org/10.53621/jider.v4i6.419.
Khairunnisa, Khairunnisa, Junaidi Junaidi, and Andy Riski Pratama. “Problematika Lembaga Pendidikan Islam di Era Society 5.0 : Perspektif Digitalisasi dan Transformasi Pendidikan.” Jurnal Visi Manajemen 10, no. 2 (2024).
Kristiyono, Jokhanan. “Budaya Internet: Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Mendukung Penggunaan Media Di Masyarakat.” Scriptura 5, no. 1 (2015): 23–30. https://doi.org/10.9744/scriptura.5.1.23-30.
Laila, Dian, Ruhil Izzatul, and Miftah Miftah. “Transformasi Digital di Dunia Pendidikan: Implementasi dan Dampak Teknologi Pembelajaran.” Journal of Science and Technology: Alpha 1, no. 2 (2025): 37–41. https://doi.org/10.70716/alpha.v1i2.172.
Murdiono. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Inovasi Literasi Al-Qur’an Di Pondok Pesantren Al-Izzah.” Smart Humanity: Jurnal Pengabdian Masyarakat 1, no. 1 (2024).
Purba, Fatimah. “Pendekatan dalam Studi Al-Quran: Studi tentang Metode dan Pendekatan Al-Quran.” Jurnal As-Salam 1, no. 2 (2016).
Risnawati, Atin, and Dian Eka Priyantoro. “Pentingnya Penanaman Nilai-Nilai Agama Pada Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Perspektif Al-Quran.” aṣ-ṣibyān Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 1 (2021).
Rusydianti, Dian, Lukman Hakim, and Naila Amanyya Muhibin. “Strategi Media Pembelajaran PAI Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Di Era Digital Abad 2.” Jurnal Miftahul Ilmi : Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 3 (2025). https://doi.org/10.59841/miftahulilmi.v2i3.174.
Sulaiman, Ahmad, and Siti Azizah. Problem-Based Learning To Improve Critical Thinking Ability In Indonesia: A Systematic Literature Review. 07, no. 01 (2020).
Sutarsih, Wiji, Titik Haryati, and Noor Wiyono. “Peran Digitalisasi Sekolah Terhadap Mutu Pendidikan.” Learning : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran 4, no. 1 (2024): 136–43. https://doi.org/10.51878/learning.v4i1.2810.
Tamami, Agus Gufron, and Sri Murhayati. “Inovasi Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Teknologi.” Indonesian Research Journal on Education 4, no. 4 (2024).
Zohra, Meilanie, Melyann Melani, Veni Roza, and Merry Prima Dewi. “An Analysis of Paraphrasing Techniques Used by Student at the Fifth Grade English Education Department of IAIN Bukittinggi Academic Year 2022/2023.” Journal of Educational Management and Strategy 1, no. 1 (2022): 01–13. https://doi.org/10.57255/jemast.v1i1.17.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Irfa'i Alfian Mubaidilla, Rafika Hafiza

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.