Implementasi Perencanaan Pendidikan Karakter Berbasis Manajemen Nilai-Nilai Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa MTs. Asy-Syuhada

Authors

  • Fida Fadilatul Romdoniyah UIN Sunan Gunung Djati
  • Mulyawan Safwandy Nugraha Universitas Islam Sunan Gunung Djati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.54298/tarunaedu.v2i1.214

Keywords:

perencanaan, pendidikan karakter, akhlak

Abstract

Perencanaan pendidikan Islam yang matang akan menghasilkan pendidikan yang baik. Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang mampu mengembangkan seluruh fitrah peserta didik, yaitu fitrah akal dan agama. Salah satu ajaran pendidikan islam yang harus ditanamkan dalam diri setiap peserta didik adalah pendidikan karakter. Pendidikan karakter adalah proses penanaman nilai-nilai kebaikan dalam diri siswa agar menjadi pribadi yang berbudi pekerti luhur, baik dalam hal moral maupun sosial. Pendidikan karakter penting karena dapat membentuk siswa menjadi pribadi yang memiliki sifat-sifat terpuji, terhindar dari perilaku buruk, dan mampu mengembangkan emosi dan sosialnya secara positif. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan karakter berbasis manajemen nilai-nilai Islam dalam pembinaan akhlak siswa MTs. Asy-Syuhada. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan datanya adalah dengan wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pendidikan karakter di MTs. Asy-Syuhada sudah terlaksana dengan baik. Namun menurut penulis, dalam pelaksanaan perannya perlu untuk melibatkan kerjasama dengan orang tua siswa dan masyarakat lingkungan supaya pendidikan karakter yang sudah diajarkan di sekolah, mampu merealisasikan siswa dalam kehidupannya di lingkungan rumah.

Kata kunci : perencanaan; pendidikan karakter; akhlak

References

afifudin, zahara, fikriya. “Planning (Perencanaan) Dalam Manajemen Pendidikan Islam.” MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam 2, no. 2 (2021).

Albab, Ulil. “Perencanaan Pendidikan Dalam Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Islam.” Perencanaan Pendidikan Dalam Manajemen Mutu Terpadu Pendidikan Islam 5, no. 1 (2021): 119–26.

Andiatma, Andiatma. “Pengembangan Kurikulum Berbasis Pendidikan Karakter.” Bada’a: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 1, no. 1 (2019): 31–43. https://doi.org/10.37216/badaa.v1i1.242.

Haer, Ridwan. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Media Film Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Cempa Kabupaten Pinrang.” AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam 16, no. 2 (2018): 144–53. https://doi.org/10.35905/alishlah.v16i2.747.

Kasmawati, Kasmawati. “Implementasi Perencanaan Pendidikan Dalam Lembaga Pendidikan Islam.” Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan 3, no. 1 (2019): 138–47. https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/idaarah/article/view/9073.

Khosiah, Siti. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Farming Gardening Project Pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak.” Fikrah : Journal of Islamic Education 1, no. 2 (2017). https://doi.org/10.32507/fikrah.v1i2.241.

Rosad, Ali Miftakhu. “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Managemen Sekolah.” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 5, no. 02 (2019): 173. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074.

Saihu, Saihu, and Taufik Taufik. “Implementasi Evaluasi Program Pendidikan Karaktermodel Cipp (Context, Input, Process Dan Output).” Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu Dan Budaya Islam 2, no. 02 (2019): 105–16.

Saleh, Mhd. “Implementasi Pendidika Karater Di Sekolah Inklusi.” Hikmah:Journal of Islamic Studies 17, no. 2 (2022).

Santi, Y., Yeni, E. M., & Marisa, R. “Analisis Implementasi Hubungan Sekolah Dengan Wali Murid Dalam Peningkatan Akhlak Siswa Di Sekolah Penggerak. AHDAF: , .” Jurnal Pendidikan Agama Islam 2 (2023): 83–96.

Wahyudin, Undang Ruslan. “Implementasi Manajemen Pendidikan Berbasis Masyarakat Dalam Penjaminan Mutu Pendidikan Anak Usia Dini.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 6, no. 2 (2021): 652–63. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1357.

Yasin, and Muhammad. “Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin, Tanggung Jawab, Dan Rasa Hormat Di MIN 5 Bandar Lampung,” 2018, 196.

Yusuf, Muhammad, Mahyudin Ritonga, and Mursal Mursal. “Implementasi Karakter Disiplin Dalam Kurikulum 2013 Pada Bidang Studi PAI Di SMA Islam Terpadu Darul Hikmah.” Jurnal Tarbiyatuna 11, no. 1 (2020): 49–60. https://doi.org/10.31603/tarbiyatuna.v11i1.3437.

Downloads

Published

2024-07-22

How to Cite

Romdoniyah, F. F., & Mulyawan Safwandy Nugraha. (2024). Implementasi Perencanaan Pendidikan Karakter Berbasis Manajemen Nilai-Nilai Islam dalam Pembinaan Akhlak Siswa MTs. Asy-Syuhada. Tarunaedu: Journal of Education and Learning, 2(1), 35–41. https://doi.org/10.54298/tarunaedu.v2i1.214

Issue

Section

Articles