Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Bermasalah Di Sekolah Menengah Kejuruan Kawung 2 Surabaya

Authors

  • Akhmad Fadli Stai Taruna

DOI:

https://doi.org/10.54298/tarunaedu.v2i2.418

Keywords:

Pembentukan Karakter, Siswa Bermasalah

Abstract

Pembentukan karakter siswa merupakan salah satu tugas penting dalam pendidikan, terutama bagi guru Pendidikan Agama Islam (PAI) yang memiliki peran strategis dalam menanamkan nilai moral dan spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kontribusi guru PAI dalam pembentukan karakter siswa bermasalah di SMK Kawung 2 Surabaya. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan guru PAI, siswa bermasalah, serta pihak sekolah terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI berperan sebagai pembimbing moral, motivator, dan teladan dalam menumbuhkan sikap positif pada siswa. Upaya pembentukan karakter dilakukan melalui pendekatan personal, pemberian nasihat, penguatan spiritual, dan pembiasaan nilai-nilai Islam dalam keseharian siswa. Selain itu, kerja sama antara guru PAI, orang tua, dan konselor sekolah berperan penting dalam memperbaiki perilaku siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kontribusi guru PAI dalam pembentukan karakter siswa sangat signifikan dalam mencegah perilaku negatif dan memperkuat integritas moral siswa. Rekomendasi penelitian ini adalah memperkuat pelatihan karakter berbasis agama dan meningkatkan sinergi antar pihak sekolah dalam menangani siswa bermasalah.

 

References

Dharma Kesuma, Pendidikan Karakter (Kajian Teori dan Praktik di Sekolah), Bandung: Rosda Karya, 2011

Jailani, Teknik pengumpulan data dan instrumen penelitian ilmiah pendidikan pada pendekatan kualitatif dan kuantitatif. IHSAN: Jurnal Pendidikan Islam,

Jogiyanto Hartono M, Metoda pengumpulan dan teknik analisis data. Penerbit Andi; 2018

Kusumastuti, Adhi, and Ahmad Mustamil Khoiron. Metode penelitian kualitatif. Lembaga Pendidikan Sukarno: Pressindo (LPSP), 2019.

Rahmat Hidayat. Konsep Pendidikan Karakter dalam Pengembangan Masyarakat Islam (Studi Pemikiran Burhanuddin Al Zarnuji), Alfuad Journal, Volume 3 No 2 , December 2019, h. 5.

Romdona, Siti, Silvia Senja Junista, and Ahmad Gunawan. ": Jurnal Ilmu Sosial Ekonomi dan Politik 3,

Suharsimi Arikuntoro, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta : Rieneka Cipta, 2006

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Fadli, A. (2024). Kontribusi Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Bermasalah Di Sekolah Menengah Kejuruan Kawung 2 Surabaya. Tarunaedu: Journal of Education and Learning, 2(2), 113–121. https://doi.org/10.54298/tarunaedu.v2i2.418

Issue

Section

Articles