Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Pertama Dewantara Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.54298/tarunaedu.v3i1.436Keywords:
Peran guru, Minat Belajar, Meningkatkan peserta didikAbstract
Dalam penelitian ini, peneliti menemukan fenomena yang unik di SMP Dewantara Surabaya. Berbeda dari sekolah lainnya, guru PAI di sekolah ini menjalankan perannya dengan pendekatan yang khas, namun tetap berhasil meningkatkan minat belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami peran guru PAI dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan dilaksanakan di SMP Dewantara Surabaya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara terstruktur dan tidak terstruktur dengan guru-guru PAI, serta didukung oleh dokumentasi dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sebagai pendidik, pembina, dan pengawas sangat berpengaruh dalam meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini terbukti SMP Dewantara Surabaya, yang menerapkan dua kurikulum secara bersamaan, yaitu kurikulum umum dan kurikulum khusus keagamaan. Kurikulum keagamaan tersebut mencakup target hafalan minimal Surat Yasin saat lulus, serta kegiatan praktik ibadah harian seperti wudhu, sholat dhuha, muroja’ah hafalan, sholat dzuhur berjamaah, dan azan. Meskipun materi keagamaan di sekolah ini cukup padat, para siswa tetap menunjukkan minat belajar yang tinggi terhadap mata pelajaran PAI. Hal ini menunjukkan bahwa peran guru yang dijalankan secara optimal dapat memengaruhi minat belajar siswa secara positif. Oleh karena itu, disarankan adanya penambahan alokasi waktu pembelajaran PAI, terutama di tingkat sekolah dasar, untuk mendukung capaian pembelajaran yang lebih baik di jenjang berikutnya, seperti di SMP Dewantara Surabaya.
References
Azhari, Ulpha Lisni, dan Dedy Achmad Kurniady. 2016. “Manajemen Pembiayaan Pendidikan, Fasilitas Pembelajaran, Dan Mutu Sekolah.” Jurnal Administrasi Pendidikan 23 (2). https://doi.org/10.17509/jap.v23i2.5631.
Friyansyah. 2022. “Peran Guru Pai Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdn 2 Way Muli Kecamatan Rajabasa Lampung Selatan.” An Naba 5 (1): 51–62. https://doi.org/10.51614/annaba.v5i1.121.
HAMIDI, RIO ROMANDA. 2018. “Peran Guru Pai Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pai Di Sdit Baitul Jannah Kecamatan Kemiling Raya Bandar Lampung.” Masters, UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/4849/.
John W. Creswell, Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed Edisi Ketiga, Cet. Ke-IV, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014
Marwa, Marwa, Munirah Munirah, Andi Dian Angriani, Suharti Suharti, A. Sriyanti, dan Rosdiana Rosdiana. 2020. “Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik Kelas Iv Pada Masa Pandemi Covid-19.” AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 7 (2): https://doi.org/10.24252/10.24252/auladuna.v7i2a10.2020.
Muhammad Idrus, Metode Penelitian Ilmu Social , Jogjakarta: PT Gelora Aksara Pratama,2014
Nusa Putra Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers, 2012
Downloads
Published
Versions
- 2025-05-21 (2)
- 2025-03-01 (1)
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Akhmad Fadli

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.