Implementasi Program Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlaqul Karimah (SKUA) dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.54298/tarunateach.v2i2.401Keywords:
SKUA, Religious Character, Religious Education, Madrasah IbtidaiyahAbstract
The lack of attention to the quality of worship poses a significant challenge in character education in Indonesia. This study focuses on the implementation of the Standard Program for Ubudiyah and Akhlaqul Karimah (SKUA) in shaping the religious character of students at MI Pancasila Mojosari. Utilizing a qualitative field-based approach, the research collects primary and secondary data through observations, interviews, and documentation. Data analysis follows the framework proposed by Miles and Huberman, including data reduction, data presentation, and conclusion verification. The findings indicate that the SKUA program has a significant impact on enhancing the quality of worship and akhlaqul karimah among students, including increased sincerity in daily worship and improved behavior, such as polite speech and actions aligned with religious values. Data validity is ensured through triangulation and peer discussions to confirm the reliability of the results. These findings offer valuable insights for the development of more effective character education programs at MI Pancasila Mojosari.
References
Ashoumi, H. (2019). Budaya Religius Basis Pembentukan Kepribadian Religius. Lppm Universitas Kh. A. Wahab Hasbullah.
Badruddin, M., & Shidiq, S. (2022). Internalisasi Nilai-nilai Akhlakul Karimah SIswa Melalui Keteladanan Guru Di MTsN 1 Bogor. Qiro'ah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(2), 84-96.
Basyiroh, I. (2017). Program pengembangan kemampuan literasi anak usia dini. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Paud Stkip Siliwangi Bandung, 3(2), 120-134.
Buniarto, E. A., & Kurniawan, B. W. (2024). EFEKTIVITAS PROGRAM DIKLAT SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN KARIR KARYAWAN PADA PT. PLN (PERSERO) TJBTB UPT MADIUN ULTG KEDIRI. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi, 4(4), 105-115.
Fathoni, A. (2006). Metodelogi penelitian. Jakarta: rineka cipta.
Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1).
Hanafie Das, S. W., & Halik, A. (2021). Kompetensi Manajerial Kepala Madrasah & Relasinya Terhadap Profesionalisme Guru.
INDONESIA, Presiden Republik. Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta: Kementrian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi, 2003.
Japar, M., Zulela, M. S., & Mustoip, S. (2018). Implementasi pendidikan karakter. Jakad Media Publishing.
Joharsah, J., & Muhlizar, M. (2023). Pembinaan Karakter Mental dalam Nilai Religius Eks Pengguna Narkotika untuk Mempercepat Proses Penyembuhan di Yayasan Rehabiltasi Rumah Ummi. Wahana Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 1-7.
Kartika, I., Kuswandi, S., Herawati, S., & Ropitasari, A. (2023). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mewujudkan Karakter Religius Pada Peserta Didik. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 12(001).
Kete, S. (2017). Implementasi evaluasi program model formatif mata pelajaran Bahasa Indonesia pada SMP Negeri 4 Kendari Kota Kendari. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 10(1), 109-126.
Khozinatul, R. A. (2018). Implementasi Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlaqul Karimah dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Siswa (Studi Kasus di MTs Fie Sabilil Muttaqien Tempurejo Ngawi) (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Lestari, F. A. (2020). Upaya Guru PAI dalam Membentuk Karakter Religius Siswa Kelas XI melalui Kegiatan Keagamaan Harian di SMKN 1 Jenangan Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).
Machali, I. (2021). Metode penelitian kuantitatif (panduan praktis merencanakan, melaksanakan, dan analisis dalam penelitian kuantitatif).
Muslich, M. (2022). Pendidikan karakter: menjawab tantangan krisis multidimensional. Bumi Aksara.
Nura, I. (2022). Penerapan Edutainment Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Jurnal Tawadhu, 6(1), 22-35.
Parwitasari, T. A. (2022). Peran Keluarga dalam Menumbuhkan Ketahanan dan Keamanan Bangsa. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), 6230-6239.
Prayoga, A. S., & Sahri, I. K. (2024). Transformasi Karakter Religius: Implementasi Nilai-Nilai Agama Islam pada Standar Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA). Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 17(2), 315-330.
Putra, M. I. (2023). Manajemen Pembelajaran Program Boarding School di MAN 1 Langkat (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan).
Sakiah, N. A., & Effendi, K. N. S. (2021). Analisis kebutuhan multimedia interaktif berbasis PowerPoint materi aljabar pada pembelajaran matematika SMP. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pengajaran Matematika), 7(1), 39-48.
Saleh, S. (2017). Analisis data kualitatif.
Setiawan, A. (2014). Prinsip pendidikan karakter dalam Islam. Dinamika Ilmu, 14(1), 47-64.
Shinta, M., & Ain, S. Q. (2021). Strategi sekolah dalam membentuk karakter siswa di sekolah dasar. Jurnal basicedu, 5(5), 4045-4052.
SUSANTI, L. (2018). IMPLEMENTASI STANDAR KECAKAPAN UBUDIYAH DAN AKHLAKUL KARIMAH (SKUA) DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MAN 2 KEDIRI (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).
SUSANTI, L. (2018). IMPLEMENTASI STANDAR KECAKAPAN UBUDIYAH DAN AKHLAKUL KARIMAH (SKUA) DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MAN 2 KEDIRI (Doctoral dissertation, IAIN Kediri).
Wijaya, H. (2018). Analisis data kualitatif ilmu pendidikan teologi. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.
ZUHRIYYAH, Aminatuz. Pelaksanaan Program Standar Kecakapan Ubudiyah dan Akhlakul Karimah (SKUA) Melalui Kegiatan Pembiasaan di MAN 4 Madiun. 2023. PhD Thesis. IAIN Ponorogo.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Kusnul Munfa'ati, Dewi Murtasia, Irma Putri Anggraini, Suci Syamrotul Ilmiya

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.