Menggali Potensi Seni Tata Rias Body Painting sebagai Pembelajaran di Pendidikan Guru Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Authors

  • Lisa Alistiana Sekolah Tinggi Agama Islam Taruna Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.54298/tarunateach.v1i1.143

Keywords:

Seni Tata Rias, Body Painting, Pembelajaran

Abstract

Pendidikan anak usia dini (PIAUD) memegang peranan penting dalam pembentukan dasar perkembangan anak-anak. Dalam upaya untuk menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan memfasilitasi perkembangan holistik mahasiswa PIAUD, metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif sangat dibutuhkan. Salah satu bentuk seni yang menarik dalam konteks ini adalah seni tata rias body painting. Penelitian ini bertujuan untuk menggali potensi seni tata rias body painting sebagai metode pembelajaran di Mahasiswa PIAUD UINSA Surabaya. Metode penelitian yang digunakan mencakup observasi partisipatif, wawancara, dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan seni tata rias body painting dalam konteks pembelajaran PIAUD di UINSA Surabaya memberikan kontribusi positif terhadap pengembangan kreativitas, ekspresi diri, dan pemahaman mahasiswa PIAUD tentang seni serta perkembangan anak. Seni tata rias body painting mendorong partisipasi aktif mahasiswa dan memperkaya pengalaman belajar mereka. Hasil penelitian ini memberikan perspektif yang berharga tentang potensi seni tata rias body painting sebagai alat pembelajaran yang inovatif dan dapat diterapkan secara efektif dalam PIAUD. Implikasi temuan ini terhadap pengembangan kurikulum dan praktik pembelajaran di PIAUD UINSA Surabaya serta potensi aplikasinya dalam konteks pendidikan anak usia dini secara lebih luas akan dibahas dalam studi ini. Penelitian ini mengundang pembicaraan lebih lanjut dan eksplorasi lanjutan tentang peran seni sebagai alat pembelajaran yang kreatif dan efektif di lingkungan PIAUD, dengan harapan bahwa pengetahuan yang diperoleh dapat memberikan manfaat maksimal bagi pengembangan potensi anak-anak usia dini.

References

Alfina Nur Rahma, B. Y. W. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Youtube Dalam Meningkatkan Keterampilan Face Painting. Jurnal Pendidikan Seni, 09(02), 1–9.

Ardani, A. (2020). Perwujudan Tata Rias Karakter Tokoh Kesatria Dalam Kesenian Tari Jaranan Turonggo Yakso Di Kabupaten Trenggalek. E-Journal, 09(1), 136–145.

Darajat Wibawa, E. D. (2020). Marketing Yourself; Melejitkan Potensi, Karir & Bisnis (Issue 1).

Dewi, F. M. (2018). Rias Karakter RHA Tanca dala Pergelaran Teater Tradisi Mentari Pagi di Bumi Wilwaktika.

DEWI, N. L. A. (2019). PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SIMULATION WITH BODY PAINTING TENTANG PERTOLONGAN PERTAMA PADA LUKA BAKAR TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN ANGGOTA PMR DI SMA GIKI 1 SURABAYA DAN SMAN 21 SURABAYA. Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 2(1), 1–19.

Elok Novita, S. N. (2017). TATA RIAS FANTASI LIONFISH LEPU DALAM PERGELARAN DRAMA MUSIKAL SABDA RAJA MUTIARA. Jurnal Pendidikan Seni, 1(1), 1–8.

Hartanti, D. T. (2018). Rias Karakter Rha Yuyu dalam Pergelaran Teater Tradisi Mentari Pagi di Bumi Wilwatika. Proyek Tugas Akhir, 1(1), 1–108.

Hudoyo, S. (2019). MAKNA SIMBOLIK DALAM FILM TARI DONGENG DARI DIRAH KARYA SARDONO W KUSUMO. Laporan Akhir Disertasi, 1(1), 1–98.

Ida Bagus Gede Surya Peradantha, M. I. M. M. (2020). KAJIAN BENTUK, SUMBER INSPIRASI DAN MAKNA SIMBOLIS MOTIF BODY PAINTING ETNIS PADAIDO DI PAPUA. Jurnal Pendidikan Seni, 1(1), 43–59.

Kasih, A. R. (2020). Perbedaan Hasil Rias Wajah Karakter Orang Tua dengan Menggunakan Body Painting Cream dan Eye Shadow Pencil. Journal Pendidikan Islam, 1(1), 1.

Malisa Binti Ali Ibrahim, S. R. (2019). Hubungan Matakuliah Tata Rias Dan Busana Dengan Jasa Mua Pada Lulusandan Mahasiswa Prodi Pendidikan Tari Universitas Negeri Medan. Jurnal Pendidikan Seni, 8(1), 20–31.

Mochamad Noor Hendra, Subandowo, Y. W. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Tata Rias Pengantin Solo Putri. Journal Edcomtech, 5(2), 129–136.

Sakinah, A. (2018). Tata Rias Karakter RHA Wedheng dalam Pergelaran Teater Tradisi Mentari Pagi Bumi Wilwatika. In Laporan akhir penelitian (Issue 1).

Saleh, R. (2020). Tubuh Lumping Metode Seni Peran Berbasis Kearifan Lokal. Panggung, 30(4), 483–496. https://doi.org/10.26742/panggung.v30i4.1367

Septiana, A. D. (2018). Rias Karakter Kebo Taruna dalam Pergelaran Teater Tradisi Mentari Pagi di Bumi Wilwatikta. Proyek Tugas Akhir, Mi, 5–24.

https://www.flickr.com/photos/hariansurya/14463140971/in/photostream/ diakses 29/09/2023)

Downloads

Published

2023-09-01

How to Cite

Alistiana, L. (2023). Menggali Potensi Seni Tata Rias Body Painting sebagai Pembelajaran di Pendidikan Guru Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Tarunateach: Journal of Elementary School, 1(1), 23–32. https://doi.org/10.54298/tarunateach.v1i1.143

Issue

Section

Articles