Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran STAD dengan Media Pembelajaran Blok Pecahan
Keywords:
Fraction Block, STAD Model, Mathematics LearningAbstract
Abstract
Hasil belajar siswa yang rendah membuat peneliti melakukan perbaikan pembelajaran. Penelitian ini dilakukan penggunaan model pembelajaran STAD dengan media pembelajaran blok pecahan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN 083 Pidoli dengan materi penjumlahan pecahan berpenyebut beda. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas IV SDN 083 Pidoli yang berjumlah 21 siswa. Data dikumpulkan dengan cara tes tertulis dan pengamatan. Temuan dari penelitian memperlihatkan ada peningkatan pada hasil belajar. Ketuntasan belajar dari 21 siswa pada kondisi awal terdapat 38,1 % pada prasiklus lalu naik menjadi 71, 42 % pada siklus I dan naik secara singnifikan pada siklus II menjadi 90,48 %. Dengan demikian Penelitian ini memperoleh simpulan bahwa dengan model pembelajaran STAD dengan media blok pecahan terjadi peningkatan pada hasil belajar pada siswa kelas IV SDN 083 Pidoli dengan materi penjumlahan pecahan berpenyebut beda. Temuan penelitian ini juga dapat menjadi salah satu cara bagi guru dalam menerapkan model pembelajaran STAD dengan media blok pecahan untuk meningkatkan hasil pembelajaran di kelas.
Kata Kunci: Blok pecahan, model STAD, pembelajaran matematika
Abstrak
Low student learning outcomes make researchers make learning improvements. This research was carried out using the STAD learning model with fraction block learning media to improve the learning outcomes of class IV students at SDN 083 Pidoli with material on adding fractions with different denominators. This research is a type of classroom action research with the subject being class IV students at SDN 083 Pidoli, totaling 21 students. Data was collected by means of written tests and observations. Findings from research show that there is an increase in learning outcomes. The learning completeness of the 21 students in the initial condition was 38.1% in the pre-cycle, then rose to 71.42% in the first cycle and increased significantly in the second cycle to 90.48%. Thus, this research concluded that with the STAD learning model using fraction block media there was an increase in learning outcomes for class IV students at SDN 083 Pidoli with material on adding fractions with different denominators. The findings of this research can also be a way for teachers to implement the STAD learning model using fraction block media to improve learning outcomes in the classroom.
Keywords: fraction block, STAD model, Mathematic Learning
References
A), Mahasiswa Tadris Matematika Angkatan 2019 (Kelas DPPM. 2020. Generasi Hebat Generasi Matematika: Kumpulan Essay Karya Mahasiswa Tadris Matematika Angkatan 2019. Edited by Santika Lya Diah Pramesti. Pekalongan: NEM.
Achmad Noval Abrori, Conny Dian Sumadi. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas 2 SDN Morkoneng 1.” Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan 1 (4): 296–315. https://doi.org/10.55606/lencana.v1i4.2385.
Adam Bol Nifu Benu, Damianus Dao Samo, Olivia Mariana Cardoso. 2023. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDI Fatukoa Tentang Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Media Blok Pecahan.” Journal of Character and Elementary Education PENINGKATAN Vol. No. 2 Januari 2023 e-ISSN : 2963-6256 1 (2): 46–53.
Fathony. 2019. “Pengaruh Metode Tanya Jawab Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 1 Peranap Kabupaten Indragiri Hulu.” Jurnal Pendidikan Tambusai 3 (1): 88–98.
Igak Wardani. 2022. Penelitian Tindakan Kelas. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.
Kirana, Candra. 2022. “Urgensi Interaksi Edukatif & Definisi Kelompok Belajar Dalam Pendidikan.” Jurnal Studi-Studi Keislaman 3 (01): 26–42.
Lela Anggraini. 2022. Pembelajaran Kuantum Dalam Matematika. Edited by Guepedia/La. www.guepedia.com: Guepedia.com.
Mashuri, Sufri. 2019. Media Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Deepublish.
Munthe, Ashiong Parhehean, and Henny Pradiastuti Naibaho. 2019. “Manfaat Dan Kendala Penerapan Tutor Sebaya Untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Lentera Harapan Mamit.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 9 (2): 138–47. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i2.p138-147.
Nofriza Efendi, Dkk. 2023. Pembelajaran Mikroteaching Di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Yogyakarta: Amerta Media.
Noor, Ina Arisandi. 2021. “Penggunaan Metode Presentasi Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Sungai Loban.” Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru Pendidikan Agama Islam 1 (1): 397–409. https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PPGAI/article/view/244.
Purniwantini, Ni Ketut. 2022. “Model STAD Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI Sekolah.” Journal of Education Action Research 6 (4): 505–10. https://doi.org/10.23887/jear.v6i4.45864.
Rangkuti, Ahamd Nizar. 2014. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Ciptapustaka Media.
Rosmala, Isrok’atun &Amelia. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: Bumi Aksara.
Saddam Husein, Samad Umarella M. Sahrawi Saimima. 2018. “Urgensi Media Dalam Proses Pembelajaran.” Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam 3 (2): 237. https://doi.org/10.33477/alt.v3i2.605.
Wina Sanjaya, Andi Budimanjaya. 2017. Paradigma Baru Mengajar. Jakarta: Kencana.
Zulfah. 2021. “Metode Reward Dan Punishment Dalam Perspektif Islam.” Iqra: Jurnal Magister Pendidikan Islam 1 (2): 67–78. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/iqra/article/download/6704/4170.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Majidatun Ahmala, Purnama
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.