Pengembangan Media Canva pada Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Students Teams Achievement Divisions (STADS)

Authors

  • Joevanca Virginia Universitas Terbuka, Indonesia
  • Majidatun Ahmala Sekolah Tinggi Agama Islam Taruna Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.54298/tarunateach.v2i2.284

Keywords:

Canva, media pembelajaran, STAD

Abstract

Based on pre-reseach conducted by fourth grade students at SDN Sitgede 4, data was obtained that Civics Educations learning was not optimal. This can be seen from the lack of enthusiasm of students during the learning process and less varied learning. Therefore, this research uses the Students Teams Achievement Division (STAD) learning model and canva is used as a learning medium. The aim of this research is to determine the development of canva media which is implemented using teh STAD model. The method in ths research and development (RnD). This research was conducted at SDN Situgede, with fourth grade students as research subjects. Data collection techniques used in ths research are interviews, questionnaires, documentation, and observation. The results of this research indicate that the development of canva media used in learning using the STAD learning model is declared suitable for use. The score from experts regarding the learning model was 90%, the suitability of the material was 87%, and the suitability of the canva media was 92%.

 

 

Keywords: canva, learning media, STAD.

 

Abstrak

 

Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan oleh siswa kelas IV SDN Situgede 4 didapatkan data bahwa pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) belum maksimal. Hal ini terlihat dari kurang antusiasnya siswa selama proses pembelajaran dan pembelajaran yang kurang bervariasi. Oleh sebab itu, penelitian ini menggunakan model pembelajaran Students Teams Achievement Devision (STAD) dan canva yang digunakan sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan media canva yang diimplementasikan dengan menggunakan model STAD. Metode dalam penelitian ini adalah Research and Development (RnD). Penelitian ini dilakukan di SDN Situgede, dengan subyek penelitian siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: wawancara, angket, dokumentasi, dan observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan media canva yang digunakan dalam pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran STAD dinyatakan layak digunakan. Nilai dari pakar ahli tentang model pembelajaran sebesar 90%, kelayakan materi sebesar 87%, dan kelayakan media canva sebesar 92%.

 

 

 

References

Abdul Salam Hidayat, Firmansyah, Sofyan Hanief. 2015. Pengembangan Model Pembelajaran Atletik Nomor Lari Berbasis Permainan Pada Siswa Sekolah Dasar. Edited by Untung Nugroho. Purwodadi: Sarnu Untung.

Enterprises, Jubilee. 2021. Desain Dengan Canva. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Herma Kusumaningsih. 2022. Cooperative Learning Model STAD Dalam Pembelajaran Bangun Datar

. Edited by Arum Yuliya Lestari. Semarang: Cahya Ghani Recovery.

I Komang Gede Sudarsana. 2021. “Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika.” Indonesian Journal of Educational Development 2 (1): 176–86. https://doi.org/10.23887/jear.v5i3.34677.

Kustantina. 2023. Model Pembelajaran Jigsaw Dan STAD Terhadap Pencapaian Karakater Dan Kemampuan Numerasi Siswa. Edited by Bayu Wijayaama. Semarang: Cahya Ghani Recovery.

Laila Silmi Kaffah, Deni Setiawan, Edi Waluyo. 2023. “Pemanfaatan Media Cetak Poster Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Menggunakan Aplikasi Canva Di Kelas V Sd.” Jurnal Ilmiah Wahana Pend 9 (16): 482–92.

Laung, Fatma, Anthonius Palimbang, and Jamaludin. 2014. “Penerapan Pembelajaran PKn Untuk Meningkatkan Minat Belajar PKn Siswa Kelas IV SD Inpres 02 Pongian.” Jurnal Kreatif Tadulako Online 4 (12): 153–67.

Muhammad Arifin, Hikmawan Syahputra, Ismail Hanif Batubara. 2022. Media Pembelajaran Berbasis ICT. Edited by Sabrina. Medan: Umsu Press.

Ramafrizal, Yudho, and Teni Julia. 2018. “Kajian Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Division) Dalam Upaya Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar Akuntansi.” OIKOS Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi 2 (2). https://doi.org/10.23969/oikos.v2i2.1049.

Saputro, Budiyono. 2021. Best Practices Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bidang Manajemen Pendidikan IPA. Edited by Saeful Anam. Lamongan: Academia Publication.

Sekarini, Ni Nyoman. 2022. “Implementasi Model Pembelajaran STAD Sebagai Upaya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar.” Journal of Education Action Research 6 (3): 327–32. https://doi.org/10.23887/jear.v6i3.45863.

Suci handayani. 2019. Buku Model Pembelajaran Speaking Tipe STAD Yang Interaktif Fun Game Berbasis Karakter. Edited by Fungky. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Triningsih, Diah Erna. 2021. “Penerapan Aplikasi Canva Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyajikan Teks Tanggapan Kritis Melalui Pembelajaran Berbasis Proyek.” Cendekia 15 (1): 128–44. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i1.667.Selama.

Wulandari, Innayah. 2022. “Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD ( Student Teams Achievement Division) Dalam Pembelajaran MI.” Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar 4 (1): 17–23. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v4i1.1754.

Yuniastuti, Dkk. 2021. Media Pembelajaran Untuk Generasi Milenial Tinjauan Teoritis Dan Pedoman Praktis. Edited by Dkk Yuniastuti. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Downloads

Published

2024-09-01

How to Cite

Virginia, J., & Ahmala, M. (2024). Pengembangan Media Canva pada Model Pembelajaran Cooperatif Tipe Students Teams Achievement Divisions (STADS). Tarunateach: Journal of Elementary School, 2(2), 75–83. https://doi.org/10.54298/tarunateach.v2i2.284

Issue

Section

Articles